Sabtu, 28 Sep 2019 15:46 WIB

Netizen Koreksi Spanduk 212, Gara-gara Video Mahfud Md

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Aksi Mujahid 212 dengan tulisan spanduk yang salah (Rolando/detikcom) Aksi Mujahid 212 dengan tulisan spanduk yang salah (Rolando/detikcom)
Jakarta - Netizen ramai membahas kesalahan tulisan Tap MPR di spanduk aksi Mujahid 212. Tampaknya gara-gara video Mahfud Md. Lantas apa yang benar?

Foto spanduk Tap MPR No 6/2000 dalam aksi Mujahid 212 menjadi viral di Twitter, Sabtu (28/9/2019). Spanduk ini menuntut presiden yang tidak dipercaya rakyat untuk mundur. Masalahnya, datanya ternyata salah.

Menurut netizen yang mengkritisi Mujahid 212, Tap MPR No 6/2000 adalah soal pemisahan TNI dan Polri. Ini bukan soal mengatur presiden.


Ada lagi kubu netizen yang membela spanduk. Mereka kompak merujuk video Mahfud Md dalam sebuah acara talk show politik. Karena yang berbicara Mahfud Md, mereka yakin itu sudah pasti benar datanya. detikINET juga mengecek videonya, memang begitulah Mahfud Md mengucapkannya.


Nah, ada lagi kubu netizen yang menelusuri fakta-fakta. Rupanya yang benar adalah Tap MPR No 6 Tahun 2001, bukan tahun 2000. Tampaknya, Mahfud Md salah kutip saat acara talk show.


detikINET juga melihat versi PDF-nya yang tersedia di internet. Ini adalah Tap MPR soal Etika Kehidupan Berbangsa. Di dalamnya mencakup Etika Politik dan Pemerintahan di mana pejabat harus siap mundur jika terbukti melakukan kesalahan dan bertentangan dengan hukum dan keadilan. Inilah Tap MPR yang dimaksud, Mahfud Md menyebut angkanya benar, tapi tahunnya salah.

Simak Video "Polisi Jelaskan Peran Tersangka Rencanakan Demo Rusuh Mujahid 212"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/afr)