Noda Hitam dalam Perjalanan Gemilang Jack Ma - Halaman 4

Noda Hitam dalam Perjalanan Gemilang Jack Ma

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 11 Sep 2019 12:59 WIB
Halaman ke 4 dari 4
Foto: GettyImages

Awal tahun ini, sistem kerja 996, yaitu bekerja dari jam 9 pagi sampai 9 malam selama 6 hari seminggu, jadi pembahasan heboh di China karena meski sudah jadi budaya, dianggap tidak manusiawi. Jack Ma secara terbuka membela sistem kerja tersebut.

"Secara pribadi, aku yakin adalah berkah jika bisa bekerja 996 karena banyak perusahaan dan individu yang ingin bekerja 996 tidak mendapatkan kesempatan itu," kata dia.

"Seandainya kalian tidak bekerja 996 saat masih muda, kapan kalian akan melakukannya?" kata pria yang rencananya pensiun dari Alibaba tahun ini.

Jack Ma kemudian sedikit melunak. "996 yang nyata harus menghabiskan waktu untuk belajar, berpikir dan mengembangkan diri. Orang yang mengikuti 996 harus menemukan passion di sana dan kebahagiaan mereka di samping uang," tulisnya dalam komentar terbaru.

Orang terkaya di China ini menambahkan masalah 996 takkan eksis jika karyawan suka dengan pekerjaannya. "Jika kalian menemukan pekerjaan yang kalian sukai, masalah 996 tidak ada. Jika kalian tidak menyukainya, setiap menit bekerja adalah siksaan," imbuh dia.



(fyk/krs) (fyk/krs)