Noda Hitam dalam Perjalanan Gemilang Jack Ma - Halaman 3

Noda Hitam dalam Perjalanan Gemilang Jack Ma

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 11 Sep 2019 12:59 WIB
Halaman ke 3 dari 4
Noda Hitam dalam Perjalanan Gemilang Jack Ma
Foto: Reuters

Beberapa pihak menilai, ekspansi internasional Alibaba di bawah Jack Ma kurang berkibar. Ma juga gagal melakukan akuisisi MoneyGram, layanan transfer uang yang mungkin akan sangat membantu Alibaba di kancah global. Jack ingin MoneyGram bisa memperluas jangkauan global Ant Financial.

Awal 2018, Ant Financial Service Group, perusahaan di bawah komando Jack Ma berniat mengakuisisi MoneyGram. Namun aksi tersebut diblok oleh pemerintahan Donald Trump.

Ant Financial pada tahun 2017 sebenarnya telah sepakat menggelontorkan uang USD 1,2 miliar atau di kisaran Rp 16,1 triliun untuk membeli MoneyGram. MoneyGram diketahui beroperasi di 200 negara.

CEO MoneyGram, Alex Holmes, mengatakan perusahaannya gagal mendapat persetujuan dari Committee on Foreign Investment, regulator yang berwewenang menangani akuisisi itu. Alasannya terkait keamanan nasional di mana data MoneyGram dikhawatirkan dipakai untuk memata-matai warga AS.

"Meskipun kami sudah mengupayakan yang terbaik untuk bekerja sama secara kooperatif dengan pemerintah AS, menjadi jelas sekarang bahwa merger ini tidak akan disetujui," sebut Alibaba.



(fyk/krs) (fyk/krs)