Selasa, 10 Sep 2019 15:02 WIB

Semangat Baja Jack Ma Saat Baru Merintis Alibaba

Fino Yurio Kristo - detikInet
1 Kisah Semangat Baja Jack Ma
Halaman 2 dari 2
Jack Ma dan para pendiri Alibaba. Foto: CNBC
FOKUS BERITA Jack Ma Resmi Pensiun

"Orang Amerika kuat soal hardware dan sistem. Tapi dalam software dan informasi otak China sama bagusnya dengan mereka. Ini alasan kita berani berkompetisi dengan Amerika. Jika kita tim yang bagus dan tahu apa yang harus dilakukan, satu dari kita bisa mengalahkan sepuluh dari mereka," kata Ma mengobarkan semangat.

"Kita bisa mengalahkan agen pemerintah dan perusahaan besar karena semangat inovasi kita. Kalau tidak begitu, apa bedanya kita dan mereka?," tandasnya.

Di video ini pula, Ma memprediksi Yahoo akan jatuh, padahal saat itu Yahoo adalah raksasa teknologi yang disegani. Ramalannya itu terbukti tepat, Yahoo tak mampu melawan zaman dan terjungkal.

"Semua tahu internet itu adalah bubble yang terus membesar. Kapan akan meledak? Saham Yahoo akan jatuh dan eBay akan naik. Dan mungkin saham Alibaba akan naik seiring meningkatnya eBay. Jadi jangan khawatir, impian ini takkan kandas," paparnya.

"Kita akan membayar harga yang menyakitkan dalam 3 sampai 5 tahun ke depan. Itulah satu-satunya cara untuk sukses. Jadi, targetnya adalah Alibaba akan IPO di 2002," pungkas dia.

Waktu pun berlalu. Alibaba IPO bukan pada tahun 2002 melainkan tahun 2014. Walaupun jauh meleset dari rencana Jack Ma, IPO Alibaba mengumpulkan USD 25 miliar, terbesar sepanjang sejarah dan valuasinya menjadi USD 21 miliar.

(fyk/krs)
FOKUS BERITA Jack Ma Resmi Pensiun