Orang Terkaya Dunia Dulu Pakai Meja dari Pintu Bekas - Halaman 2

Orang Terkaya Dunia Dulu Pakai Meja dari Pintu Bekas

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 09 Sep 2019 19:49 WIB
Halaman ke 2 dari 2
Foto: Istimewa

Karyawan Amazon yang ke-5, Nico Lovejoy, mengungkap salah satu alasan penggunaan meja dari pintu bekas itu. Menurutnya, kantor awal Amazon berlokasi di seberang dari Home Depot, peritel perlengkapan rumah besar di Amerika Serikat.

Lalu saat ia dan Bezos mencari meja di Home Depot, mereka melihat sebuah pintu yang harganya jauh lebih murah ketimbang meja. "Ia (Bezos) pun memutuskan untuk membeli pintu dan memasang kaki (untuk dijadikan meja)," ujarnya.

Sebenarnya, Amazon bukan tak mampu untuk membeli meja seperti di perkantoran pada umumnya. Namun menurut Randolph, Bezos pernah menjelaskan filosofinya terkait penggunaan meja murah itu.


"Ini adalah cara untuk menunjukkan kalau kami hanya mengeluarkan uang untuk hal yang berdampak pada konsumen, bukan hal yang tak berdampak (pada konsumen)," ujar Bezos kepada Randolph kala itu, demikian dikutip detikINET dari Business Insider, Senin (9/9/2019).

Mungkin hal ini terlihat ekstrim, namun sejak dulu itulah prinsip yang dianut oleh Bezos. Yaitu mengutamakan konsumen di atas segalanya. Hal itu juga yang mungkin menjadi kunci kesuksesan Amazon, dari sekadar startup ecommerce dan kini sudah menjadi raksasa peritel online, bahkan menjadi perusahaan dengan valuasi tertinggi di dunia.


Fokus Amazon pada konsumen juga menjadi prinsip pengembangan Amazon ketika merambah berbagai industri. Bahkan dalam surat pertama Amazon ke para pemegang sahamnya pada 1997, mereka menulis, "Kami akan melanjutkan untuk berfokus tanpa henti untuk konsumen kami".

[Gambas:Youtube]

(asj/krs)
Halaman
(asj/krs)