Selasa, 03 Sep 2019 15:00 WIB

Presiden Trump Bocorkan Rahasia Militer AS Lewat Twitter

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Donald Trump. Foto: AP Photo/Patrick Semansky Donald Trump. Foto: AP Photo/Patrick Semansky
Jakarta - Presiden Amerika Serikat Donald Trump tampaknya membocorkan rahasia militer AS lewat Twitter untuk mengejek Iran.

Rahasia militer yang dimaksud adalah sebuah foto satelit yang menunjukkan sebuah kendaraan peluncuran satelit milik Iran yang sudah hancur berantakan. Foto ini terlihat jauh lebih detail dibanding foto serupa dari satelit komersial yang sebelumnya beredar di dunia maya.

Dibanding foto satelit komersial itu, foto yang dibagikan oleh Trump terlihat punya kualitas lebih baik, dan terlihat merupakan hasil foto ulang dari sebuah foto yang sudah dicetak. Foto tersebut diduga didapat Trump dari hasil pertemuan dengan badan intelijen AS.


Dalam postingan berisi foto tersebut Trump menulis 'sebuah kecelakaan yang sangat parah. Saya mendoakan yang terbaik untuk Iran dan semoga Iran bisa mencari penyebab kecelakaan yang terjadi di Site One.'

Ada yang beasumsi kalau foto dari satelit ini merupakan cara Trump untuk mengejek permerintah Iran. Foto tersebut menunjukkan sebuah tempat bernama Imam Khomeni Space Center yang berlokasi di arah barat laut dari kote Tehran.

Detail foto yang sangat tinggi itu memunculkan pertanyaan apakah foto tersebut benar difoto dari satelit. Ada yang menduga kalau foto tersebut bisa saja diambil menggunakan sebuah drone.

Jika benar dilakukan oleh Drone, maka Amerika Serikat mempunyai sebuah drone yang bisa menembus area pertahanan Iran. Pasalnya lokasi peluncuran satelit itu berjarak 120 mil dari perbatasan terdekat.


Namun apa pun itu, Trump sebagai presiden AS sepertinya biasa saja meski ia sudah mengungkap rahasia militer AS terkait gagalnya peluncuran satelit milik Iran, demikian dikutip detikINET dari Business Insider, Selasa (3/9/2019).

Sebagai informasi, ini adalah kegagalan peluncuran roket Iran yang ketiga. AS sendiri sebelumnya sudah memperingatkan Iran terkait aktivitas peluncuran roket berisi satelit seperti ini.

Menurut AS, roket tersebut juga bisa dipakai untuk mengembangkan sebuah misil jarak jauh berisi nuklir.

Simak Video "Muak dengan Donald Trump, Rihanna: Dia Manusia Paling Sakit Jiwa!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)