Jumat, 02 Agu 2019 20:11 WIB

Ada Gempa, Netizen Kangen Sutopo

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Twitter dan Instagram Sutopo Purwo Nugroho Foto: Twitter dan Instagram Sutopo Purwo Nugroho
Jakarta - Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 yang menguncang Banten, Jumat (2/9/2019), bikin heboh netizen. Tapi ada hal menarik yang detikINET temukan di media sosial.

Ada sejumlah netizen mengatakan kangen dengan almarhum Sutopo. Ya, semasa masih hidup mantan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB itu selalu terdepan memberikan informasi terkait kebencanaan, termasuk soal gempa bumi.




Jadi tidak heran bila sosoknya masih sangat membekas dan selalu dikenang oleh netizen di Tanah Air. Berikut sejumlah cuitan yang detikINET rangkum.


Seperti diketahui, Sutopo Purwo Nugroho tutup usia di Guangzhou, China, Minggu (7/7) dini hari, pada pukul 02.00 waktu setempat. Sutopo meninggal dalam perjuangannya melawan kanker paru-paru. Dia didiagnosis di sekitar awal Desember 2017. Sutopo dimakamkan di TPU Sonolayu, Boyolali Kota, Senin (8/7).

Di tengah perjuangannya melawan kanker, Sutopo masih terus bertugas mengawal kejadian bencana di Indonesia. Dia pun sehari-hari masih bisa ditemui menyampaikan keterangan pers soal bencana kepada awak media.




Tak hanya itu, hampir 24 jam Sutopo siap siaga menyampaikan perkembangan informasi seputar bencana. Telepon ataupun pesan elektronik dari awak media pun selalu dibalasnya.

Sutopo juga sangat aktif menyampaikan perkembangan seputar bencana melalui akun Twitter-nya. Kanker tak menyurutkan semangat sang pahlawan kemanusiaan itu untuk terus bekerja. Bahkan media internasional ABC Internasional sempat menuliskan cerita Sutopo ketika meng-update informasi bencana.




Simak Video "Waspada! Ini Titik Gempa Banten yang Berpotensi Tsunami"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/krs)