Jumat, 26 Jul 2019 17:46 WIB

Tangkuban Perahu Erupsi, Netizen Kirimkan Doa

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Gunung Tangkuban Perahu mengalami erupsi pada Jumat (26/7/2019). Diperkirakan letupan pada gunung yang berlokasi di Jawa Barat tersebut terjadi pada pukul 16.00 WIB dan mengeluarkan abu vulkanik.

Peristiwa ini pun dengan cepat menjadi trending topic di media sosial Twitter. Saat berita ini ditulis, #TangkubanPerahu menduduki posisi ke-5 trending topic Twitter Indonesia.

Tak hanya di dunia nyata, kekhawatiran akan erupsi Gunung Tangkuban Perahu pun disampaikan netizen di dunia maya. Ada yang memposting update informasi terkait erupsi, ada juga yang mengingatkan agar teman, saudara dan keluarga yang berada di dekat lokasi berhati-hati. Doa pun tak henti mengalir.

"Ya Allah, dapat kabar Gunung Tangkuban Perahu erupsi, semoga baik baik saja," cuit seorang netizen.

"Stay save temen" mutual yg deket tangkuban perahu. my prayers within 😭💖" tulis yang lain.

"Untuk teman teman yang ada di sekitaran gunung tangkuban perahu hati hati dan tetap waspada ya," netizen lain mengingatkan.



Kepala PVMBG Kasbani menuturkan erupsi yang terjadi di Gunung Tangkuban Parahu terekam dalam seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi kurang lebih lima menit 30 detik.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal mengarah ke timur laut dan selatan," katanya, melalui pesan singkat.

Untuk saat ini, lanjut dia, status Gunung Tangkuban Parahu berada pada level 1 (normal). Pihaknya meminta masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti imbauan dari pihak-pihak terkait.



Tangkuban Perahu Erupsi, Netizen Kirimkan Doa


Simak Video "Status Gunung Tangkuban Perahu Naik Jadi Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)