Rabu, 24 Jul 2019 16:30 WIB

Cerita Para Srikandi di Tokopedia: Bagi Waktu Pekerjaan dan Anak

Moch Prima Fauzi - detikInet
Foto: Dok. Tokopedia Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta - Bekerja dan mengurus keluarga menjadi bagian dari keseharian wanita karier. Meski punya kesibukan dengan pekerjaan, mereka juga harus tetap memperhatikan keluarganya. Seperti para Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) yang tetap memperhatikan perkembangan buah hatinya.

Ada beragam cara dilakukan para Nakama untuk mendekatkan diri kepada anak-anaknya agar membangun hubungan yang erat. Sebagaimana diungkapkan Tokopedia dalam memperingati Hari Anak Nasional pada 22 Juli lalu.

Fidhia Almaida, Senior Social Media Analyst di Tokopedia, salah satu contohnya. Untuk mendekatkan diri dengan anaknya, ia melibatkan si kecil dalam menyiapkan makanan. Selain kegiatan memasak, ia juga mengajaknya pergi berbelanja bahan makanan hingga menyiapkan meja makan.

"Selain dapat menyalurkan hobi dalam mencoba berbagai resep, saya juga dapat mengikutsertakan anak saya mulai dari proses memasak dan menjadikan itu sebagai kegiatan bermain," ujar Fidhia dalam keterangan tertulis, Rabu (24/7/2019).




Menurutnya, di tengah kesibukan bekerja, kegiatan memasak merupakan kegiatan yang dapat melepaskan stress dan membuatnya mengenal si kecil lebih dekat dan personal.

Pengalaman berbeda diungkapkan Nakama lainnya yakni Indri Yuanita. Selama beberapa tahun terakhir wanita yang bekerja sebagai Head of Business Payment Tokopedia tersebut selalu membacakan cerita untuk anaknya.

"Melalui bercerita, anak saya tumbuh menjadi anak yang pengertian dan perhatian kepada kedua orang tuanya. Setiap sore hari, setelah bermain dengan ayahnya, anak saya selalu bercerita mengenai kegiatan yang dilakukannya di hari itu, kemudian meminta saya untuk membacakan dongeng favoritnya," kata Indri.

Mirip dengan yang dilakukan Fidhia, Senior Lead Transaction di Tokopedia Novy Shintia Ningrum juga mengajak anaknya untuk melakukan pekerjaan rumah. Misalnya dengan menyiram tanaman, membersihkan perabotan rumah tangga, hingga mencuci kendaraan.




Kegiatan lainnya yang dapat dilakukan oleh orang tua yang bekerja adalah meminta anak untuk merapikan mainan miliknya hingga membantu menyiram tanaman saat weekend.

Sementara itu Head of People Department Tokopedia, Tyas Wibawanti, memilih berolahraga sebagai quality time-nya bersama sang buah hati. Ini agar dia bisa fokus bersama anak dan tidak membiasakan anaknya bermain smartphone.

"Setiap ada waktu untuk bermain bersama anak, saya akan benar-benar fokus ke dia, saya akan tinggalin hape saya jauh-jauh. Selain sehat, setidaknya agar anak tidak terbiasa untuk main game di smartphone saja. Dengan berolahraga pun saya merasa menjadi semakin dekat dan akrab dengan anak saya," ujarnya.

Di kantor, para Nakama Tokopedia diberikan fasilitas yang nyaman dan ramah terhadap anak-anak. Salah satunya adalah dengan adanya Kids Room. Kids Room di kantor Tokopedia memungkinkan Nakama untuk membawa serta anak mereka ke kantor, di mana dalam ruangan ini terdapat tempat bermain hingga penjaga Kids Room agar orang tua tetap dapat menikmati waktu berkualitas dengan anak sambil bekerja.




Simak Video "Fix! Tokopedia Gandeng BTS Jadi Brand Ambassador"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/krs)