Rabu, 17 Jul 2019 15:30 WIB

Ada Tudingan Google Sudah Disusupi Intelijen China

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Tudingan adanya dugaan Google disusupi intelijen China dilontarkan oleh Peter Thiel. (Foto: Arnd WIegmann/Reuters) Tudingan adanya dugaan Google disusupi intelijen China dilontarkan oleh Peter Thiel. (Foto: Arnd WIegmann/Reuters)
Jakarta - Anggota direksi Facebook Peter Thiel melontarkan pernyataan yang sensasional, yaitu meminta FBI dan CIA menyelidiki Google karena bisa saja disusupi oleh intelijen China.

Pernyataan itu dilontarkan Thiel, yang juga salah satu orang paling kuat di Silicon Valley, dalam National Conservatism Conference. Dalam konferensi itu, Thiel menitikberatkan investigasi ke Google itu pada tiga pertanyaan.




Pertanyaan tersebut antara lain adalah, "Berapa banyak badan intelijen asing yang menyusup ke Manhattan Project for AI?", dan "Apakah manajemen senior Google menganggap kalau mereka sudah disusupi oleh intelijen China?".

Menurut Thiel, pertanyaan itu harus ditanyakan oleh FBI dan CIA kepada Google. Menurut Thiel, keputusan Google yang menolak bekerja sama dengan militer AS namun memilih berhubungan dengan militer China patut dipertanyakan, demikian dikutip detikINET dari Axios, Rabu (17/7/2019).




Pernyataan pria yang juga menjadi penasihat Presiden AS Donald Trump itu sepertinya mengacu pada keputusan Google pada 2018 untuk tak memperbarui kontrak dengan Departemen Pertahanan AS dalam mengembangkan kecerdasan buatan untuk drone karena masalah etika.


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed