Rabu, 17 Jul 2019 12:25 WIB

Selamat Hari Emoji Dunia!

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Berbagai ekspresi dalam emoji. Foto: Thinkstock Berbagai ekspresi dalam emoji. Foto: Thinkstock
Jakarta - 17 Juli menjadi tanggal yang diperingati sebagai Hari Emoji Dunia. Menariknya, tanggal tersebut dipilih bukan berdasarkan kelahiran emoji pertama di Bumi.

Laman Emojipedia menjelaskan bahwa dipilihnya tanggal tersebut menjadi Hari Emoji Dunia berawal dari peluncuran aplikasi kalender Apple bernama iCal pada 17 Juli 2002. Kala itu, produsen iPhone memilih 17 Juli sebagai tanggal yang terpampang pada ikon aplikasi tersebut.




Dari situ, Emojipedia selaku penggagas Hari Emoji Dunia memilih tanggal tersebut sebagai hari perayaan bagi gambar-gambar lucu yang menghiasi keypad di berbagai perangkat kita. Hari Emoji Dunia sendiri mulai dirayakan sejak 2014 lalu.

Sekadar informasi, Emojipedia sendiri merupakan salah satu anggota dari Unicode Consortium. Itu merupakan organisasi yang menerbitkan dan bertanggung jawab atas Unicode Standard, basis pengetikan teks untuk berbagai perangkat.

Sejak saat itu, banyak vendor yang ikut mencantumkan tanggal 17 Juli pada emoji buatan mereka masing-masing. Google dan Samsung merupakan dua di antaranya, walau Google memilih tanggal 31 pada aplikasi kalender mereka. Sejumlah aplikasi keyboard virtual seperti Fleksy dan Swiftkey juga memberi tempat bagi tanggal 17 Juli untuk terpampang di emoji kalender mereka.

Meski demikian, bukan berarti seluruh penerbit emoji memutuskan untuk memilih 17 Juli sebagai tanggal yang ditampilkan. Nama-nama seperti WhatsApp, Twitter, dan Facebook punya tanggal masing-masing yang terpampang pada emoji buatan mereka sendiri-sendiri.




WhatsApp memilih 24 Februari yang merepresentasikan berdirinya aplikasi berbagi pesan instan itu pada 2009 silam. Paham yang sama juga digunakan Twitter yang menampilkan tanggal 21 Maret pada emoji mereka. Sedangkan Facebook memajang tanggal 14 Mei yang merujuk pada kelahiran pendirinya, Mark Zuckerberg.

Terlepas dari perbedaan yang ada, emoji tidak terbatas pada ikon kalender saja. Ada sekitar 3.000 emoji yang terdaftar di Unicode Standard. Jadi, mari kita rayakan hari ini dengan berbagi emoji.

Selamat Hari Emoji Dunia!


(mon/krs)