Jumat, 12 Jul 2019 10:01 WIB

Donald Trump Tak Suka Bitcoin dan Facebook Libra, Kenapa?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Donald Trump. Foto: Getty Images Donald Trump. Foto: Getty Images
Washington - Donald Trump mendadak melontarkan pendapatnya buat Bitcoin, Facebook Libra dan mata uang digital atau cryptocurrency lain. Presiden Amerika Serikat tersebut meminta para perusahaan tunduk pada regulasi AS ataupun secara global.

"Aku bukanlah penggemar Bitcoin dan Cryptocurrency lain, yang bukanlah uang dan nilainya sangat bergejolak dan berdasarkan 'udara tipis," sebut Trump di Twitter-nya.

"Jika Facebook dan perusahaan lainnya ingin menjadi bank, mereka harus menjadi subyek semua regulasi perbankan, sama seperti bank lain baik nasional dan internasional," tambahnya.


Sebelumnya, Chairman US Federal Reserve, Jerome Powell, juga menyatakan proyek Facebook Libra tak dapat dilanjutkan kecuali permasalahannya sudah terselesaikan.

"Libra memunculkan berbagai kekhawatiran serius soal privasi, pencucian uang, perlindungan konsumen dan stabilitas finansial," tandas Powell yang memimpin regulator keuangan paling berkuasa di Negeri Paman Sam.

Dikutip detikINET dari Reuters, Facebook Libra rencananya diluncurkan tahun depan dengan wadah Libra Association yang terdiri dari 28 perusahaan pendukung. Selain Facebook, nama besar semacam MasterCard, Visa, PayPal sampai Uber ikut pasang badang untuk Libra.

Namun demikian, persoalan regulasi tampaknya bakal jadi penghalang besar. Mengenai komentar Powell, Facebook menyatakan siap memberi penjelasan soal proyek Libra.

"Kami merasa selaras dengan pernyataan chairman tentang perlunya diskusi publik soal ini. Itu kenapa kami bersama 27 anggota Libra Association membuat pengumuman jauh-jauh hari, sehingga kami bisa terlibat dalam diskusi konstruktif dan mendapat umpan balik," sebut juru bicara Facebook.



Simak Video "Muak dengan Donald Trump, Rihanna: Dia Manusia Paling Sakit Jiwa!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)