Kamis, 11 Jul 2019 14:27 WIB

Donasi Digital di OVO Meningkat 5X Lipat Saat Ramadhan 2019

Akfa Nasrulhak - detikInet
Foto: Dok Ovo Foto: Dok Ovo
Jakarta - Transaksi non tunai/cashless lewat platform digital kini semakin diminati banyak orang karena dinilai mudah dan praktis karena tinggal klik lewat smartphone. Termasuk dalam hal beramal karena kini orang tak perlu lagi memasukkan uang ke kotak amal. Ada donasi online.

Dengan memanfaatkan kode QR atau voucher digital, setiap orang dapat dengan mudah menyalurkan donasi. Dengan kepraktisan tersebut, kini donasi digital makin menjadi pilihan masyarakat di Indonesia. Tahun ke tahun jumlah donasi dan donatur mengalami peningkatan.

Salah satunya lewat platform pembayaran digital OVO (PT Visionet Internasional) yang mencatat peningkatan donasi terutama saat Ramadhan 2019 kemarin.




"Yang paling membanggakan adalah begitu banyak kebaikan tercipta selama Ramadhan. Jumlah orang yang berdonasi meningkat 5 kali lipat. Jumlah donasi yang terkumpul melalui OVO bisa membantu pendidikan lebih dari 30.000 anak yatim," tulis OVO dalam keterangannya, Kamis (11/7/2019).

Seperti diketahui, pada Ramadan kemarin, tiga perusahaan teknologi, OVO, Grab, dan Tokopedia, bekerja sama membuat program #PatunganUntukBerbagi yang dikhususkan bagi mereka yang ada di Yayasan Rumah Yatim untuk memberikan kesempatan pendidikan yang layak.

Program tersebut berjalan sejak 2 Mei hingga 6 Juni 2019. Ketiga platform tersebut berhasil mengumpulkan donasi hingga Rp 11,5 miliar. Selain diperuntukkan ke 1.131 Rumah Yatim di 30 kota, donasi juga disalurkan ke 30 ribu anak yatim piatu lainnya.

Saat Ramadhan, memang menjadi momen yang paling menarik dengan adanya perubahan baik aktivitas, donasi dan tentunya pola makan. Di bulan Ramadhan, OVO mencatat banyak orang memulai aktivitasnya 1 jam lebih siang dan pulang beraktivitas 1 jam lebih awal.



Bahkan dalam berbelanja, orang yang belanja online baju muslim dengan transaksi non-tunai lewat OVO naik hingga 1,5 kali lipat dari bulan-bulan biasanya. Puncaknya belanja kebutuhan lebaran adalah pada 2 hari sebelum lebaran. OVO menyebut setelah THR cair orang yang belanja online naik hngga 200 persen dengan nilai belanjaannya naik 300 persen.

Fakta-fakta lain yang dicatat OVO selama momen Ramadhan adalah waktu top up bergeser dari siang hari ke menjelang buka puasa. Jumlah orang yang top up lebih besar dari total penduduk 10 kota besar Indonesia. Jumlah pulsa yang dibeli pakai OVO selama Ramadhan bisa dipakai telepon ke seluruh penduduk Indonesia. Jumlah token yang dibeli di OVO selama Ramadhan bisa menerangi 4 miliar rumah.

Donasi Digital di OVO Meningkat 5X Lipat Saat Ramadhan 2019


Simak Video "Rudiantara Semringah Sambut OVO Jadi Unicorn Kelima Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/krs)