Go-Jek Bagikan Ilmu Cara Kelola Keuangan ke 2.000 Driver di 5 Kota

Go-Jek Bagikan Ilmu Cara Kelola Keuangan ke 2.000 Driver di 5 Kota

Akfa Nasrulhak - detikInet
Rabu, 26 Jun 2019 18:43 WIB
Foto: Akfa Nasrulhak/detikcom
Jakarta - Sebagai bentuk apresiasi terhadap mitra driver, Go-Jek menggelar acara berbagi ilmu perencanaan keuangan. Program yang ditujukan untuk kesejahteraan para mitra ini bekerja sama dengan konsultan keuangan independen, Jouska Indonesia.

Head of Communication Transport Marketing Go-Jek Pingkan Irwin mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi bagi mitra driver. Pihaknya berharap mitra driver bisa mengembangkan kemampuan diri, terutama dalam hal pengelolaan keuangan yang lebih baik.

"Kita tahu betul bahwa mitra Go-Jek bekerja keras setiap harinya. Jadi kita berharap mereka bisa mengelola keuangan mereka dengan lebih baik lagi, " ujar Pingkan usai kegiatan sharing session Bengkel Belajar Mitra (BBM) bersama Jouska di Artotel Thamrin, Jakarta, Rabu (26/6/2019).

"Dan juga mereka yang berangan-angan ingin punya usaha sendiri. Atau mungkin mereka sudah punya usaha tapi ingin mengembangkan lagi.




Sejak akhir Oktober 2018 lalu, Go-Jek telah menggandeng konsultan keuangan independen, Jouska Indonesia untuk memberi pelatihan kelola keuangan bagi mitranya. Kini Go-Jek kembali menggandeng Jouska yang tidak hanya untuk mitra driver di Jakarta, melainkan di 5 kota di Indonesia. Pelatihan yang merupakan bagian dari program BBM ini juga dilaksanakan bagi mitra di Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar hingga menjangkau lebih dari 2.000 mitra driver.

"Makanya kita senang banget, tahun lalu kita sudah mengundang Jouska ke acara BBM di bulan November. Memang itu (kelola keuangan) salah satu topik yang paling diminati. Makanya tahun ini kita mengundang Jouska tidak hanya di Jakarta tapi di 5 kota supaya ilmu yang diberikan kepada mitra driver kita bisa lebih luas lagi, " ujarnya.

Sementara itu, Co-CEO Jouska Indonesia, Farah Dini Novita mengatakan dapat kesempatan untuk berbagi ilmu mengenai pengelolaan keuangan ini memberikan kebahagiaan tersendiri bagi Jouska. Apalagi, Jouska punya visi untuk meningkatkan literasi finansial masyarakat Indonesia.

"Kita mengajarkan cara pengelolaan keuangan pribadinya mitra Go-Jek ini. Gimana caranya mereka tidak hanya bekerja keras mencari uang, tapi mereka juga tahu bagaimana cara menyimpan uangnya, menginvestasikan nya dan mengembangkan uangnya supaya kehidupan mereka lebih baik lagi ke depannya, " ujar Farah.




Saat melatih para mitra driver, Farah mengakui ada perbedaan dengan memberi konsultasi dengan pihak yang biasa ia tangani. Bahasa keuangan yang diungkapkan dalam pelatihan lebih disederhanakan. Namun, ia mengapresiasi mitra driver yang telah mengikuti pelatihan ini karena antusias untuk benar-benar belajar.

"Mitra-mitra Go-Jek ini pintar semua. Selain pintar, rasa ingin tahunya gede banget. Jadi ketika saya ngajar, all attention mereka itu ke saya. Apalagi saat tanya jawab mereka antusias sekali bagaimana cara kelola keuangannya, " ujarnya.

Sebagai informasi, selain di 5 kota yang telah menggelar roadshow pelatihan kelola keuangan bagi mitra Go-Jek, ke depan akan diperluas lagi ke kota selanjutnya secara bertahap. Topik pembahasan dari pelatihan pun akan dikembangkan untuk menjawab tantangan yang dihadapi mitra.


(prf/krs)