Rabu, 19 Jun 2019 15:34 WIB

Dorong UMKM Go International, Blibli Siapkan Hadiah Rp 1,3 Miliar

Akfa Nasrulhak - detikInet
Foto: Akfa Nasrulhak/detikcom Foto: Akfa Nasrulhak/detikcom
Jakarta - E-commerce Blibli.com mencari pengusaha kreatif dan berbakat yang produknya bisa dikembangkan ke level nasional hingga global. Lewat kompetisi wirausaha The Big Start Indonesia (TBS) Season 4, Blibli siapkan total hadiah senilai Rp 1,3 miliar untuk pengembangan usaha.

Deputy CMO Blibli.com Andy Adrian mengatakan, kompetisi The Big Start ini digelar untuk mendukung perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Menurutnya ada 7 tantangan bagi UMKM, seperti pasar, pendanaan, jaringan, technological system, pengetahuan bisnis, kehadiran online, serta kreativitas dan inovasi.

"Nah di sinilah pendapatan kita untuk membuat atau membantu teman-teman UMKM ini untuk menuju kesuksesan. Kita ada 2 cara yaitu lewat kompetisi The Big Start, sebagai titik awal mencari creativepreneur dan Galeri Indonesia," ujarnya saat press conference di The MAJ Senayan, Jakarta, Rabu (19/6/2019).




Andy menjelaskan, Galeri Indonesia merupakan tempat usaha kreatif di Blibli.com, akan bertindak sebagai platform penjualan dan pembinaan yang berkelanjutan untuk para creativepreneur.

"Di Blibli.com, kita punya namanya Galeri Indonesia. Nantinya dapat membina UMKM untuk mempelajari bagaimana mereka membuka network dan juga meningkatkan bisnis knowledge, dan yang paling penting adalah bagaimana mengetahui hukum, " ujarnya.

Sebagai informasi gelaran The Big Start sudah dilaksanakan selama tiga kali sejak 2016. Pada gelaran tahun keempat ini, The Big Start didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Universitas Prasetiya Mulya.




"Mereka akan menjadi pendamping Blibli. Dapat dikatakan ini membina kita mau ke mana, misalnya Kemenperin, mereka kan sering melakukan exhibition baik internasional, nah kita diundang untuk ikut bergabung. Nah itu menjadi salah satu support dari pemerintah," ujarnya.

Selain unjuk kreativitas wirausaha, para UMKM ini sekaligus dapat memperluas koneksi. Mereka berkesempatan mengikuti ajang pameran di luar negeri seperti event yang sering digelar oleh Kemenperin. Bahkan produk peserta bisa berkolaborasi dengan brand lokal untuk proyek khusus.

Para creativepreneur sudah bisa mendapatkan informasi dan mendaftarkan diri di kompetisi ini lewat situs thebigstart.blibli.com hingga batas akhir pada Agustus 2019. Calon peserta juga dapat mendaftarkan diri di roadshow The Big Start yang akan berlangsung di Bandung pada 12-14 Juli, Yogyakarta pada 19-21 Juli dan Surabaya pada 2-4 Agustus.

(prf/krs)