Sabtu, 25 Mei 2019 04:20 WIB

Mata Uang Digital Facebook Meluncur Tahun Depan?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: unsplash Foto: unsplash
Jakarta - Facebook dikabarkan sedang menyusun rencana akhir untuk peluncuran cryptocurrency atau mata uang digitalnya. Perusahaan media sosial ini dikabarkan akan meluncurkan mata uang digitalnya di belasan negara pada kuartal pertama tahun 2020.

Dilansir detikINET dari BBC, mata uang ini secara internal dikenal dengan nama GlobalCoin. Facebook disebut akan mulai menguji coba GlobalCoin pada akhir tahun ini.




Facebook akan menyusun rencana yang lebih rinci pada musim panas ini. Perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini telah berdiskusi dengan institusi seperti Bank of England dan Kementerian Keuangan Amerika Serikat untuk membicarakan risiko dan regulasi terkait cryptocurrency.

Mereka juga sedang dalam proses pembicaraan dengan perusahaan pengiriman uang, termasuk Western Union, untuk membicarakan cara yang lebih mudah dan cepat bagi orang-orang yang tidak memiliki rekening bank untuk mengirim dan menerima uang.

Tidak hanya itu, Facebook sedang berdiskusi dengan beberapa e-commerce untuk melobi agar mereka mau menerima GlobalCoin sebagai metode pembayaran. Mata uang digital ini nantinya akan terikat dengan mata uang konvensional seperti dolar AS, Euro dan Yen untuk menjaga nominalnya tetap stabil.

Facebook akan menghadapi berbagai tantangan sebelum meluncurkan GlobalCoin, apalagi masalah regulasi di berbagai negara. Contohnya di India, yang disebut menjadi salah satu negara target GlobalCoin, baru-baru ini memperketat aturan mata uang digital.




Ini bukan pertama kalinya Facebook menggeluti industri mata uang digital. Sekitar 10 tahun yang lalu Facebook meluncurkan mata uang virtual yang disebut Facebook Credit. Sayangnya proyek ini dihentikan hanya dua tahun setelah diluncurkan karena tidak populer.


(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed