Minggu, 19 Mei 2019 11:32 WIB

Perdana Menteri Kanada Ancam Media Sosial

Fino Yurio Kristo - detikInet
PM Kanada Justin Trudeau. Foto: REUTERS/Chris Wattie PM Kanada Justin Trudeau. Foto: REUTERS/Chris Wattie
Jakarta - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau agaknya gerah dengan penyalahgunaan media sosial (medsos). Ia pun berjanji melakukan tindakan tegas.

Justin menegaskan akan terus meregulasi medsos dan ada konsekuensi finansial serius, jika platform online gagal mencegah informasi tidak benar atau hoax beredar di situsnya.




"Platform tersebut telah gagal bagi user. Dan juga bagi warga," sebut Trudeau dalam konferensi VivaTech di Paris yang dikutip detikINET dari Global News.

"Mereka harus melangkah dengan cara besar untuk menangkal disinformasi. Dan jika mereka tak melakukannya, kami akan minta tanggung jawab dan akan ada konsekuensi finansial," tambah dia.

Justin tak menyebut secara detail sanksi pada media sosial yang dianggap bersalah. Tapi, pernyataannya tersebut adalah yang paling tegas soal rencana pemerintah Kanada untuk mengatur keberadaan medsos.




Justin mengambil contoh peristiwa penembakan di Christchurch, di mana teroris memakai live stream Facebook untuk pamer aksi kejinya. Itu adalah salah satu alasan sudah saatnya mengatur medsos lebih keras.

"Terserah pada platform dan pemerintah untuk mengambil tanggung jawab secara serius dan memastikan orang terlindungi saat online," tambah Justin.


Perdana Menteri Kanada Ancam Media Sosial
(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed