Rabu, 15 Mei 2019 18:28 WIB

Pesan China ke India: Bekerja Keraslah untuk Kejar Kami

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: Internet Ilustrasi. Foto: Internet
Jakarta - Media yang jadi corong pemerintah China, Global Times, punya pesan khusus bagi India jika ingin mengejar di sektor manufaktur. Yaitu harus lebih bekerja keras.

Dikutip detikINET dari Economic Times, Global Times menyatakan industri manufaktur India yang tidak efisien tidak akan mampu mengejar China. Itu juga alasan keinginan untuk memblokir beberapa produk China di India tidak akan berhasil.

Global Times dalam artikelnya itu mengusulkan agar India bekerja keras ala sistem kerja 996 agar bisa bersaing dengan China. Sistem yang membudaya di China dan belum lama ini didukung pendiri Alibaba, Jack Ma, adalah bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam dalam seminggu.




"Mengadopsi 996 bisa membantu India mengembangkan lingkungan bisnisnya, menarik investasi asing dan pada akhirnya meningkatkan peluang India di sektor manufaktur," tulis mereka.

Sindiran itu bertepatan dengan melemahnya pertumbuhan industri manufaktur India. Global Times pun mengklaim adanya upaya boikot produk China di India tidak akan berpengaruh besar.

"Sektor manufaktur India sangat tidak kompetitif melawan China, yang mampu menawarkan kebutuhan sehari-hari dengan rasio harga dan performa tinggi," sebut mereka.

"Nasionalisme mungkin memicu beberapa orang India memboikot produk China dalam jangka pendek, akan tetapi pada akhirnya mereka akan memilih produk dengan rasio harga dan performa tinggi dalam jangka panjang, tak peduli di mana produk itu dibuat," yakin Global Times.

Masih menurut Global Times, China unggul karena rakyatnya pekerja keras. Mereka menjadi pusat manufaktur global terkait alasan itu. Bahkan para miliarder pun masih bekerja begitu giat.




"Prestasi ini sebagian dikarenakan karena semangat kerja keras karyawan China di industri padat karya, serta pekerja riset dan pengembangan serta para entrepreneur," papar mereka.

"Tantangan besar berada di hadapan India. Tanpa jadwal 996 dan semangat kerja keras, India akan kesusahan mengejar China," pungkas Global Times.


(fyk/krs)