Jumat, 03 Mei 2019 11:11 WIB

Dedengkot Google Lengser Usai 18 Tahun, Mau Mengajar & Beramal

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Mantan CEO Google, Eric Schmidt lengser dari dewan direksi induk perusahaan Google, Alphabet. Ia telah memegang posisi tersebut selama 18 tahun sejak tahun 2001.

Hengkangnya Schmidt berselang setahun setelah ia juga memutuskan mundur sebagai executive chairman Alphabet. Dilansir detikINET dari The Verge, Jumat (3/5/2019) Alphabet mengumumkan masa jabatan Schmidt akan berakhir pada tanggal 19 Juni mendatang dan ia tidak mau meminta untuk dipilih kembali.




Schmidt telah menjadi figur penting selama waktunya di Alphabet. Ia awalnya menempati posisi sebagai anggota dewan direksi pada tahun 2001, ketika ia juga menjadi CEO Google.

Pada tahun 2011 ia mundur sebagai CEO Google dan menjadi executive chairman. Pada awal tahun 2018, ia mundur sebagai executive chairman dan menjadi anggota direksi reguler.


Setelah mundur dari jabatannya, Schmidt mengungkap rencana untuk mengikuti jejak mentornya, Bill Campbell, guna membantu generasi berbakat selanjutnya. Selain itu, Schmidt juga akan menghabiskan waktu dengan mengajar dan beramal lewat organisasi amal yang ia dirikan, Schmidt Futures.




Tapi saat ini Schmidt masih akan memegang posisi sebagai penasihat teknis Alphabet. Ia telah memegang posisi ini sejak tahun lalu dan digaji USD 1 per tahun.

Ia mengatakan akan menggunakan posisinya sebagai penasihat teknis untuk melatih sektor bisnis dan teknologi Alphabet dan Google.


(vim/krs)