Senin, 22 Apr 2019 19:00 WIB

Di Negara Ini, Komentar di Internet Harus Pakai Nama Asli

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Atsushi Tomura/Getty Images Foto: Atsushi Tomura/Getty Images
Jakarta - Anonimitas di dunia maya kelak mungkin tak terlalu anonim lagi di Austria, saat mereka menerapkan aturan baru yang saat ini tengah dipersiapkan.

Aturan yang dimaksud mewajibkan pengguna dunia maya mendaftarkan nama asli lengkap dengan alamat di situs-situs besar sebelum bisa ikut berkomentar di situs tersebut, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Senin (22/4/2019).

Pengguna memang tetap bisa menggunakan nickname di situs-situs di dunia maya, namun mereka pihak berwajib akan dengan mudah menemukan mereka jika ada pelanggaran hukum yang dilakukan, karena ada nama asli dan alamat yang terdaftar dalam nickname itu.




Perusahaan yang tak mau mematuhi aturan tersebut kelak akan terkena denda sampai dengan 500 ribu euro, dan denda dua kali lebih besar akan dikenakan jika berulang kali melakukan pelanggaran yang sama.

Tak semua situs akan terkena dampak dari aturan baru ini saat nanti sudah diterapkan. Hanya situs dengan jumlah pengguna lebih dari 100 ribu, punya pemasukan 500 ribu euro per tahun, atau menerima subsidi lebih dari 50 ribu euro.




Situs e-commerce pun mendapat pengecualian dari aturan ini, juga situs yang tidak mendapat pemasukan dari iklan atau pun dari konten yang dihasilkannya. Aturannya sendiri, jika diizinkan oleh Uni Eropa, akan diterapkan pada 2020 mendatang.

Meskipun dianggap penting untuk menekan kemunculan hate speech dan penyebaran hoax, aturan ini pun dianggap bisa membuat orang-orang takut untuk berpendapat di dunia maya. Belum lagi jika membicarakan masalah keamanan penyimpanan data, karena jika sampai database pengguna itu bobol, sangat banyak informasi pribadi yang dipertaruhkan di dalamnya.


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com