Minggu, 21 Apr 2019 10:12 WIB

Game of Thrones Kembali Jadi Serial Paling Banyak Dibajak

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Courtesy of HBO Foto: Courtesy of HBO
Jakarta - Perilisan season terbaru dari Game of Thrones (GoT) membuat serial keluaran HBO itu kembali naik daun dalam hal jumlah pembajakan.

Berdasarkan data dari perusahaan analitik MUSO, episode perdana GoT season 8 dibajak 55 juta kali, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Minggu (21/4/2019).

Jika dipecah, menurut MUSO, 76,66% dari pembajakan itu datang dari situs streaming video tak resmi, 12,2% dari download melalui situs, 10,8% dari torrent publik, dan terakhir 0,5% dari torrent privat.

Mayoritas pembajak serial ini berasal dari India, yang dispekulasikan karena di negara tersebut sulit untuk menonton serial ini secara resmi. Lalu setelah India ada China yang angka pembajakannya mencapai 5 juta, yang dispekulasikan karena GoT terkena sensor di China.


Namun tentunya alasan itu hanyalah spekulasi, karena di Amerika Serikat pun, di mana GoT bisa diakses dengan mudah dan legal, jumlah pembajakannya mencapai 4 juta.

Hal menarik lainnya adalah melihat berapa jumlah total pembajakannya saat season 8 ini berakhir, karena episode terakhir season 8 ini juga akan mengakhiri serial GoT ini secara keseluruhan.

GoT sendiri biasanya selalu memuncaki daftar serial TV paling banyak dibajak. Namun pada 2018 lalu mereka harus mengakui keunggulan The Walking Dead karena tak ada GoT episode baru yang dirilis pada 2018 lalu, dan mungkin juga karena HBO meningkatkan keamanan anti pembajakan dari serial-serial buatannya.


Tonton video Ellie Goulding hingga The Weeknd Isi Album Piringan Hitam 'Game of Thrones' :

[Gambas:Video 20detik]


Game of Thrones Kembali Jadi Serial Paling Banyak Dibajak

Tonton video 'Mayoritas Pembajak ''Game of Thrones'' Berasal dari India':

(asj/asj)