Senin, 15 Apr 2019 18:21 WIB

Naskah Lengkap Tulisan Jack Ma Soal Sistem Kerja '996'

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 2
Jack Ma. Foto: Reuters Jack Ma. Foto: Reuters
Jakarta - Diambil dari akun media sosial Weibo, ini adalah penjelasan lengkap dari sang pendiri Alibaba, Jack Ma, mengenai pandangannya terhadap sistem kerja 996. Ia menuturkan secara jelas semua pemikirannya dalam keterangan yang diterima detikINET. Simak berikut ini:

"Pendapat saya tentang topik "996" beberapa hari yang lalu telah menimbulkan kontroversi. Beberapa orang menyarankan saya tidak terlibat dalam topik tersebut, karena bukanlah topik yang menyenangkan untuk dibahas dan menampilkan sisi buruk kapitalisme. Selain itu akan merusak citra diri saya sendiri.

Banyak netizen membalas tulisan saya, mengkritik hal-hal yang saya katakan. Saya punya beberapa pemikiran tentang itu. Menurut saya, kita memerlukan kebenaran dan kata-kata yang yang dapat memancing diskusi dan perenungan. Melihat generasi muda adalah melihat masa depan, namun ketika kita melihat masa depan kita seringkali berpura-pura tidak melihat apa yang ada di depan kita.




Melihat apa yang masyarakat hadapi di masa depan, kita tidak bisa mengabaikan perdebatan hangat seperti topik ini. Saya pikir ada diskusi penting yang bisa dilakukan. Tanda masyarakat rasional adalah bahwa kita menghargai diskusi yang rasional daripada menarik kesimpulan sepihak.

Kita harus mampu menerima ucapan yang berat untuk kita terima. Selain itu, kita membutuhkan orang-orang yang berani mengutarakan kebenaran yang tidak menyenangkan. Saya tidak pernah takut dikritik. Jadi, saya akan menawarkan beberapa pemikiran tentang masalah ini.

Mengenai "996", sudah ada hukum terkait topik itu (di Tiongkok). Tapi itu bukan inti masalahnya. Poin utamanya adalah kita perlu memperhatikan pilihan kita dengan serius, apa tujuan hidup kita dan apa yang kita perjuangkan. Setelah Anda dapat berpikir jernih, Anda tidak akan terikat, atau memiliki penyesalan. Ketika Anda melakukan sesuatu yang sesuai dengan tujuan hidup, maka "996" bukan lagi masalah.




Jika Anda tidak menyukai atau merasa tidak bergairah dengan pekerjaan Anda, maka setiap menit akan terasa seperti siksaan. Mencari pekerjaan seperti mencari pasangan. Ketika menemukan cinta sejati, kita menjalaninya dengan bahagia. Tapi ketika bekerja untuk hal yang tidak kita suka, semenit saja bisa terasa seperti setahun.

Orang tidak suka bekerja di perusahaan yang mewajibkan "996." Itu hal yang tidak manusiawi, tidak sehat dan tidak berkelanjutan. Itu tidak dapat diterima untuk karyawan, keluarga mereka dan hukum. Hanya perusahaan bodoh yang akan berpikir mereka dapat menghasilkan keuntungan dan berhasil dengan menerapkan kebijakan 996.

Saya pikir karyawan secara alami akan memilih untuk meninggalkan perusahaan yang menerapkan "996", karena tidak menawarkan masa depan, dan karena masih ada jutaan perusahaan di China yang dapat dipilih.

Memang, ada banyak orang yang menjalani "996," bahkan "007" (jam 12 sampai jam 12, tujuh hari seminggu) di dunia. Tidak hanya pengusaha, tetapi juga seniman, ilmuwan, atlet, pejabat, dan politisi paling sukses, bahkan bekerja lebih dari "996," karena mereka memiliki ketekunan yang luar biasa. Tetapi juga karena mereka memiliki cinta yang luar biasa untuk profesi pilihan mereka. Karena itu, mereka bersedia melakukan upaya luar biasa. Alhasil, mereka menuai kesuksesan luar biasa.

Yang penting adalah ketika Anda menemukan sesuatu yang Anda sukai, tidak hanya menerapkan "996", tapi Anda akan makan, tidur, dan memikirkannya. Mengapa mereka tidak melakukan hal lain yang membutuhkan upaya yang lebih sedikit?

Itu bukan karena mereka tidak punya pilihan, tetapi karena mereka ingin melakukannya. Ini melebihi uang. Tidak peduli seberapa santai atau lelah mereka, mereka merasa bahagia. Pada kenyataannya, banyak orang memilih melakoni "996" atau bahkan "997".

Ketika Anda melakukan apa yang Anda sukai, Anda merasa bahagia bahkan ketika Anda mengalami kelelahan atau menghadapi kesulitan. Faktanya adalah, tidak sedikit orang yang telah melakukan ini.

Halaman Selanjutnya: Jack Ma Bilang 996 Bikin China Maju (fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed