Senin, 15 Apr 2019 08:29 WIB

WhatsApp Sering Tumbang, Ini Alternatif Penggantinya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Aplikasi Telegram. Foto: Carl Court/Getty Images Aplikasi Telegram. Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta - WhatsApp tampaknya rentan kena gangguan belakangan ini. Bagi kalian yang sering mengandalkan aplikasi pesan instan untuk komunikasi dengan yang lain, mungkin ada yang berpikir mencari alternatif pengganti WhatsApp.

Dalam kesempatan ini, detikINET akan merangkum beberapa aplikasi yang bisa digunakan bagi kalian, bahkan di antaranya ada yang berasal dari Indonesia lho. Memang susah karena WhatsApp sangat populer dan digunakan banyak orang, tapi siapa tahu alternatif berikut dapat memenuhi kebutuhan.




1. Telegram

Dalam perjalannya, Telegram sempat jadi kontroversi hingga diblokir di Indonesia beberapa tahun lalu. Kendati begitu, Telegram menawarkan pesan instan yang diklaim tingkat keamanannya tinggi untuk soal privasi.

Dengan tampilan yang sederhana berwarna biru, Telegram bisa dimanfaatkan untuk chatting, mengirimkan file ukuran besar, hingga panggilan suara.

2. Line

Line sudah berkecimpung sejak lama di dunia instant messaging. Keunggulan stiker yang menarik dan lucu jadi daya tarik pengguna milenial dalam menjajal layanan asal Jepang tersebut.

Saat ini, Line menyediakan berbagai fitur di dalamnya, baik bertukar pesan, panggilan suara dan video, maupun berita hadir dalam satu aplikasi.

3. BlackBerry Messenger (BBM)

Sebelum era smartphone berbasis Android datang menginvasi, ponsel merek BlackBerry sangat berjaya kala itu. Untuk mempermudah berkomunikasi bagi para penggunannya, BlackBerry menyediakan aplikasi pesan instan bernama BlackBerry Messenger (BBM).

Sekarang, BBM telah jadi milik Indonesia dan bisa digunakan di smartphone apa saja. BBM memiliki berbagai fitur yang tak hanya untuk chatting, sebut saja panggilan suara, panggilan video, pembayaran, live TV, hingga baca berita.



4. WeChat

"WeChat lebih dari sekedar aplikasi perpesanan dan media sosial, ini adalah gaya hidup bagi miliaran penggunanya di seluruh dunia." begitu deskrips WeChat menggambarkan layanannya.

WeChat bisa jadi opsi pengganti WhatsApp dengan tawaran fitur, pesan, panggilan suara dan video, membagikan momen, stiker, akun resmi, berita, game, privasi, hingga pembayaran.

5. Callind

Dirintis 2016, Callind yang adalah buah karya dari Novi Wahyuningsih, gadis asal Desa Tepakyang, Kecamatan Adimulyo, Kebumen, diperkenalkan bertepatan Hari Kartini.

Callind yang merupakan singkatan Calling Indonesia memungkinkan pengguna kirim pesan secara privat, broadcast message, kirim foto, hingga video call.

6. Pesan Kita

Pesan Kita sering dipromosikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam setiap kegiatannya. Rudiantara memuji Pesan Kita karena menurutnya keamanannya bisa disetarakan dengan Telegram.


7. Catfiz Messenger

Catfiz adalah messenger ringan, di mana disebutkan aplikasi tersebut diramu dengan unik karena gabungan antara instant messaging, interaksi sosial media, streaming multimedia, dan layanan cloud storage.

8. Viber Messenger

Dengan jargon "Viber - kirim pesan dan telepon gratis dengan siapapun, di manapun", Viber siap bersaing dengan WhatsApp.

Layanan ini memiliki fitur chat, pangilan suara dan video, group chat bisa menampung 250 peserta, tawaran komunikasi aman, kontak terpercaya, hingga kebutuhan games ada di dalamnya.



Tonton juga video Ketika WhatsApp, Facebook dan Instagram Tumbang Bersamaan:

[Gambas:Video 20detik]

(agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed