Rabu, 10 Apr 2019 10:29 WIB

Kominfo 'Gerebek Pasar' Pangandaran, Emak-emak Diajak 'Go Online'

Andi Nurroni - detikInet
Foto: Andi Nurroni/detikINET Foto: Andi Nurroni/detikINET
Pangandaran - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menerjunkan para relawan TIK untuk membantu pelaku UMKM Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat membuka toko online. Mereka mendatangi sejumlah pasar dan mengajak emak-emak pedagang merambah bisnis online.

Kegiatan bertema "Gerebek Pasar" dalam rangka program "UMKM Go Online" ini dihadiri Menkominfo Rudiantara. Dalam sambutannya, Rudiantara memuji kiprah bisnis kaum ibu.

"UMKM ini kebanyakan ibu-ibu ya? Ibu-ibu memang biasanya lebih tekun daripada bapak-bapak," kata Rudiantara di hadapan para pelaku UMKM.




Rudiantara menyampaikan, UMKM adalah tulang punggung ekonomi nasional yang membuat Indonesia bisa bertahan dari krisis ekonomi. Kini, imbuhnya, potensi UMKM semakin besar dengan adanya teknologi informasi seperti adanya e-commerce atau toko online.

"Pemerintah tidak tinggal diam. Kami membangun infrastruktur digital. Sehingga dengan ponsel bapak-ibu bisa jualan di Tokopedia, Bukalapak," kata Rudiantara.

Kominfo 'Gerebek Pasar' Pangandaran, Emak-emak Diajak 'Go Online'Foto: Andi Nurroni/detikINET

Rudiantara melaporkan, sejauh ini UMKM di perkotaan berkembang pesat karena adanya layanan aplikasi, seperti Go-Food dari Go-Jek. "Ini memberikan kesempatan kepada ibu-ibu yang bisa masak, tidak perlu restoran, cukup dari dapur."




Di Pangandaran, program 'Grebek Pasar' digelar 9-23 April di enam pasar yakni Pasar Pananjung, Pusat Belanja Nanjungsari, Pasar Karangpawitan, Pusat Belanja Nanjung Endah Pasar Parigi, dan Pusat Belanja Nanjung Asri.

Dalam program ini, para relawan membantu para pelaku UMKM untuk melakukan registrasi dan mengelola toko online, seperti di Tokopedia dan Bukalapak.




(krs/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed