Sabtu, 30 Mar 2019 19:03 WIB

Tokopedia dan UI Bikin Pusat AI Berteknologi Super Komputer

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: dok. Tokopedia-UI Foto: dok. Tokopedia-UI
Jakarta - Tokopedia bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) meluncurkan AI (Artificial Intelligence) Center of Excellence. Pusat pengembangan kecerdasan buatan ini diklaim yang pertama di Indonesia memakai teknologi super-komputer deep learning Nvidia DGX-1.

Kehadiran AI Center ini sendiri berupaya mendorong para pelaku akademi dan peneliti dalam memanfaatkan teknologi, khususnya AI alias kecerdasan buatan, agar dapat menghadirkan solusi bagi masalah yang terjadi di tengah masyarakat dan industri.




"Bayangkan suatu waktu di mana semua orang dapat memperluas bisnis dari manapun mereka berada dan dapat menghantarkan produk dan menghadirkan layanan terbaik, dimana setiap konsumen di Indonesia dapat menerima setiap produk yang mereka pesan dalam hari yang sama. Semua hal ini tidak hanya akan menjadi mimpi dan dapat direalisasikan melalui Artificial Intelligence, seperti misalnya demand prediction, smart warehouse, and smart logistic," ujar CEO Tokopedia William Tanuwijaya.

"Kolaborasi kami dengan Universitas Indonesia untuk menjembatani pelaku akademi dan periset, bersama-sama dengan seluruh pemangku kepentingan, agar dapat mendorong riset dan pengembangan AI demi pemberdayaan dan kemajuan bangsa," tambah William.

Tokopedia dan UI Bikin Pusat AI Berteknologi Super KomputerFoto: dok. Tokopedia-UI


Di AI Center ini peneliti dari UI akan mengembangkan solusi berbasis AI untuk menghadirkan solusi bagi masalah yang terjadi di tengah masyarakat dan industri, termasuk industri e-commerce, misalnya mengenai logistik, manajemen risiko, keamanan siber, serta pembayaran. Peneliti juga dapat meneliti berbagai cara untuk membantu pedagang menghasilkan dan memberi layanan, serta produk yang lebih baik.

"AI Center of Excellence ini dapat menjadi wadah bagi mahasiswa dan peneliti di Fasilkom UI dalam mengembangkan inovasi bidang AI serta penerapannya pada berbagai permasalahan nyata seperti pembayaran digital, sistem analitika e-commerce, logistik, urban mobility, kesehatan, teknologi maritim, keamanan informasi, maupun layanan publik. Fasilitas ini diharapkan pula dapat mendukung Fasilkom UI dalam menghasilkan sumber daya manusia yang siap berkontribusi dan berdaya saing secara global khususnya di bidang AI," kata Dekan Fasilkom UI, Mirna Adriani, Ph.D.

AI Center ini memanfaatkan teknologi super-komputer dari Nvidia. Menggunakan Nvidia DGX-1, yang dilengkapi dengan GPU Nvidia Tesla V100 yang dirancang dengan struktur Tensor Core untuk mempercepat kinerja AI.

Tokopedia dan UI Bikin Pusat AI Berteknologi Super KomputerFoto: dok. Tokopedia-UI

Selain itu di dalamnya turut ditenagai Nvidia GPU Cloud Deep Learning Stack yang merupakan versi teroptimal dari framework yang paling populer saat ini, yang mampu melakukan pelatihan data 4x lebih cepat daripada sistem berbasis GPU lainnya.

"Super-komputer DGX-1 kami menjadi pusat perhatian dalam komunitas penelitian. Selain perangkat keras dan perangkat lunak, Nvidia juga akan berbagi pengetahuan dan terlibat dalam pemeliharaan teknologi super-komputer tersebut untuk mencapai tujuan bersama," kata Ettikan Karuppiah, Director-SEA Region, Nvidia.




Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI Mohamad Nasir menyambut positif lahirnya Tokopedia-UI AI Center of Excellence. Ia pun punya harapan tersendiri.

"Pusat pengembangan AI ini diharapkan bisa melahirkan putra-putri terbaik Indonesia yang ahli di bidang riset dan teknologi, yang mampu memberikan solusi bagi permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat ke depannya," ujar Nasir.


(afr/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed