Minggu, 17 Mar 2019 22:29 WIB

Ma'ruf Amin Mau Lahirkan 3.500 Startup hingga 2024

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Kelahiran 3.500 startup menjadi target dari Maruf Amin yang ingin dicapai pada 2024. Foto: Grandyos Zafna Kelahiran 3.500 startup menjadi target dari Ma'ruf Amin yang ingin dicapai pada 2024. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Go-Jek. Bukalapak. Traveloka. Tokopedia. Melihat empat startup unicorn Tanah Air yang bisa tumbuh dengan valuasi lebih dari USD 1 miliar itu, tentu bisa menjadi pemicu bagi anak-anak muda Indonesia untuk membangun lebih banyak perusahaan rintisan ke depan.

Banyak inisiasi dalam membantu bertumbuhnya startup-startup berkualitas dari dalam negeri. Salah satunya adalah Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang diinisiasi oleh Kominfo.


Terkait dengan hal tersebut, dalam debat cawapres 2019, Ma'ruf Amin mengatakan bahwa sudah 1.000 startup lokal yang tumbuh. "Dalam lima tahun empat tahun kita telah kembangkan seribu startup, padahal, di Iran butuh 10 tahun," ujarnya.

Ia pun berencana pihaknya bakal menggenjot lahirnya 3.500 perusahaan rintisan ke depan. "Sampai 2024 kita bisa tumbuhkan yaitu 3.500 startup hingga buka lapangan kerja. Walaupun tingkat pengangguran turun, tapi terus tekan dan turun lagi," kata Ma'ruf.


Gerakan Nasional 1000 Startup Digital sudah menghasilkan beberapa perusahaan rintisan berkualitas. Tahun lalu ada dua lulusannya yang berhasil mendapatkan beasiswa untuk mengikuti NUS Enterprise Summer Program on Entrepreneurship di National University of Singapore.

Starup-startup itu sendiri merupakan hasil dari inkubasi Innovative Academy Universitas Gadjah Mada. Mereka pun berkesempatan untuk mengikuti program pembelajaran pengembangan sebuah startup dan ekosistemnya secara full-time di Negeri Singa. (mon/mon)