Jumat, 28 Des 2018 14:51 WIB

Meriahnya e-Commerce 2018: Jaket Jokowi, Baju Koko Black Panther

Naela Inaya Hikmatika - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Maraknya acara diskon di berbagai e-commerce dalam 12 bulan terakhir disambut antusias penggila belanja online. Google Year in Search punya sejumlah catatan menarik yang merangkum tahun 2018.

Google membuat laporan mengenai kategori dan barang apa saja yang marak dicari di e-commerce, baik dalam acara diskon besar-besaran, maupun dalam waktu yang umum.

Sambil membaca laporan ini, coba sekalian kalian perhatikan, adakah di antaranya barang yang kalian beli?




Dalam laporannya, tercatat besaran pasar e-commerce di Indonesia menyentuh angka USD 12 miliar. Dengan angka sebesar itu, kegiatan yang terjadi di e-commerce meningkat saat musim belanja tiba, seperti saat Ramadan dan berlangsungnya Harbolnas.

Google menyatakan, ada 3 kategori yang paling laris saat musim belanja berlangsung, yaitu barang elektronik, pakaian dan kecantikan.

Di antara ketiga kategori tersebut, kecantikan mengalami kenaikan yang paling tinggi dengan 1,7 kali lebih banyak dicari.

Posisi berikutnya ditempati barang elektronik di urutan kedua dan pakaian di posisi ketiga. Peningkatan yang terjadi pada kategori kecantikan ini dipicu oleh produk kecantikan impor seperti produk skin care atau perawatan kulit.




Untuk kategori elektronik, Google menyatakan pencarian smartwatche atau jam tangan pintar meningkat 2,2 kali lebih banyak.

Yang menarik dari kategori pakaian adalah peningkatan pencarian pada mode pakaian tertentu. Pada awal tahun 2018, film layar lebar Dilan 1990 membuat jaket denim identik dengan pemain utamanya. Pencarian pun tertuju pada "jaket Dilan".

Namun ternyata, jaket denim lebih banyak dicari pada e-commerce saat Presiden Jokowi melakukan tur ke Sukabumi dengan mengendarai motornya pada April 2018. Yang dicari tentu saja "jaket Jokowi".

Hal serupa juga terjadi dalam pencarian baju koko. Identik dengan hari besar Islam, nyatanya baju koko banyak dicari pada e-commerce saat film layar lebar garapan Marvel, Black Panther muncul pada Februari lalu. "Baju koko Black Panther" meramaikan pencarian saat itu.



Simak juga video 'Kesepakatan Pertama Mendag ASEAN di Bidang E-Commerce':

[Gambas:Video 20detik]

(rns/rns)