Minggu, 23 Des 2018 21:30 WIB

Berhenti Main Facebook Setahun 'Dihargai' Rp 14,5 Juta

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sejumlah orang baru mau berhenti main Facebook setelah dibayar lebih dulu (Foto: Reuters) Sejumlah orang baru mau berhenti main Facebook setelah dibayar lebih dulu (Foto: Reuters)
Jakarta - Tak semua orang rela begitu saja berhenti main Facebook, yang tahun ini diterpa sejumlah skandal. Banyak juga yang baru mau berhenti jika dibayar lebih dulu.

Gerakan #DeleteFacebook, secara khusus setelah muncul skandal Cambridge Analytica, sudah membuat Facebook ditinggal sejumlah penggunanya. Tapi berdasarkan studi yang diterbitkan oleh peneliti dari University of Michigan, Tufts University dan Kenyon College, ada pula pengguna Facebook yang ingin dibayar dengan jumlah tertentu lebih dulu untuk berhenti menggunakan Facebook.

Penelitian ini menggunakan metode lelang untuk menentukan jumlah minimum yang ingin diterima orang untuk berhenti menggunakan Facebook dalam jangka waktu tertentu.




Dari 1.143 responden, hasil survei menunjukkan mereka mau berhenti menggunakan Facebook selama satu jam jika dibayar USD 1,84 (Rp 27 ribu), satu hari jika dibayar USD 6,01 (Rp 87.500), dan tiga hari untuk USD 15,73 (Rp 229 ribu).

Selain itu mereka juga rela berhenti main Facebook satu minggu dengan bayaran USD 38,83 (Rp 565 ribu). Bagaimana jika berhenti main Facebook selama satu tahun? Ternyata bayarannya sampai lebih dari USD 1.000 (Rp 14,5 juta).

"Walaupun populasi sampel dan desain lelang berbeda di antara eksperimen, kami secara konsisten menemukan rata-rata pengguna Facebook akan membutuhkan lebih dari USD 1.000 untuk menonaktifkan akun mereka selama satu tahun," tulis laporan tersebut, seperti dikutip detikINET dari Tech Spot.


(vim/krs)