Senin, 10 Des 2018 20:28 WIB

5 Hoax yang Bikin Geger Sepanjang November

Agus Tri Haryanto - detikInet
3 4. Ratusan Jasad Anak-anak korban penculikan
Halaman 4 dari 4
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Selain isu penculikan atau pelaku penculikan, juga viral diperbincangkan adanya isu ditemukannya jasad anak-anak korban penculikan untuk diambil organ tubuhnya dan diperjualbelikan.

Di antara isu tersebut, ditemukan unggahan foto yang diklaim sebagai ratusan anak korban penculikan yang padahal itu tidak benar atau hoax. Kabar yang beredar bahwa penculikan anak dengan tujuan untuk diambil organ tubuhnya ini membuat masyarakat khususnya orang tua resah dan merasa anak-anaknya terancam atau tidak aman.

5. Teori Konspirasi Imunisasi

Imunisasi tak jarang mendapatkan penolakan dari beberapa kelompok masyarakat dikarenakan banyaknya informasi yang tidak benar bahkan hoax terkait dengan imunisasi.

Salah satu hoax tentang vaksin imunisasi yang cukup viral adalah adanya isu konspirasi penyebaran virus atau penyakit melalui vaksin yang dikabarkan mengandung sel-sel hewan, virus, bakteri, darah, dan nanah dan disuntikkan ke dalam tubuh manusia.

Isu yang tidak benar ini tentu menimbulkan dampak yang luar biasa terhadap stigma masyarakat Indonesia tentang Imunisasi. Imbasnya masyarakat menjadi ragu, bahkan takut untuk memberikan imunisasi pada anak-anak mereka.

(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed