Jumat, 07 Des 2018 09:36 WIB

Pentingnya Medsos bagi @Sutopo_PN, Tangkal Hoax Sampai Ketemu Raisa

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sutopo Purwo Nugroho. Foto: Ari Saputra/detikcom Sutopo Purwo Nugroho. Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan Sutopo Purwo Nugroho. Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana ini biasanya sering membagikan informasi lewat akun Twitternya @Sutopo_PN saat ada bencana alam.

Ia pun mengaku sangat terbantu dengan adanya media sosial seperti Twitter untuk membantunya menyebarkan informasi.

Pentingnya Medsos bagi @Sutopo_PN, Tangkal Hoax Sampai Ketemu Raisa Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET


"Saya menggunakan Twitter ada banyak hal sebenarnya. Satu yang terkait dengan kebencanaan. Sangat efektif sekali menyampaikan update-update terkini, apalagi bencana yang besar," ujar Sutopo di konferensi pers #RameDiTwitter 2018, di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Rabu (5/12) lalu.



Sutopo mengatakan, penyebaran informasi lewat Twitter itu sangat cepat, sampai-sampai video puing-puing Lion Air JT 610 yang ia sebarkan dalam sehari ditonton hingga satu juta kali.

Saat gempa dan tsunami melanda Palu dan Donggala baru-baru ini, engagement di akunnya juga mencapai 78 juta dalam 28 hari.

Selain cepat dalam menyebarkan informasi, ia pun sering menggunakan Twitter untuk menangkal hoax dan berita palsu yang biasa sering menyebar setelah terjadinya bencana alam.

Pentingnya Medsos bagi @Sutopo_PN, Tangkal Hoax Sampai Ketemu Raisa Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET


"Setiap terjadi bencana pasti ada hoax. Langsung saya counter, yang sifatnya bencana alam," ujar Sutopo.

Tidak hanya itu, ia pun sering menerima direct message (DM) dari followernya terkait dengan bencana. Sutopo pun dijadikan sebagai rujukan oleh konsulat dan kedutaan asing terkait dengan penanganan bencana.

Tapi yang paling Sutopo senangi dari Twitter adalah, berkat platform media sosial ini, ia bisa bertemu penyanyi idolanya, Raisa.



"Tanpa ada Twitter, ya tidak mungkin saya ketemu dengan Raisa. Tidak mungkin Raisa ketemu saya," ujar Sutopo yang kemudian disambut tawa dan tepuk tangan yang hadir.



Tonton juga ' Berkat Twitter, Sutopo BNPB dapat Penghargaan Nih! ':

[Gambas:Video 20detik]

Pentingnya Medsos bagi @Sutopo_PN, Tangkal Hoax Sampai Ketemu Raisa
(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed