Kamis, 25 Okt 2018 12:45 WIB

Membongkar Kekuatan Uang Arab Saudi di Dunia Teknologi

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Halaman 1 dari 7
Arab Saudi punya kuasanya tersendiri di industri teknologi, mulai dari aliran deras investasi sampai relasi dengan sejumlah bos di industri ini. Foto: BBC World
Jakarta - Walau tak memiliki pusat startup dunia layaknya Silicon Valley maupun perusahaan teknologi terkemuka, tapi Arab Saudi punya cara sendiri untuk menghadirkan kekuatan di sektor ini. Uang jadi jawabannya. Dan hal ini jadi sorotan terkait kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi yang membuat hubungan mereka dengan perusahaan teknologi dikhawatirkan retak.

Lewat program Vision 2030, mereka memasang target untuk bisa melakukan investasi paling tidak USD 2 triliun di industri seperti energi dan teknologi. Angka tersebut diharapkan dapat tercapai sampai kalender menunjuk tahun 2030.



Selain aliran dana yang deras, para pemimpin negara penghasil minyak ini juga dikenal dekat dengan sejumlah bos teknologi terkemuka. Lantas, ke mana saja arah arus investasi mereka? Dan siapa saja dedengkot teknologi yang berhubungan dengan pemimpin negara tersebut? Berikut beberapa faktanya. (mon/fyk)