Rabu, 24 Okt 2018 17:50 WIB

Dilanda Kontroversi, Pangeran Arab Malah Laris Diburu Selfie

Virgina Maulita Putri - detikInet
Pangeran Mohammed bin Salman diburu selfie. Foto: Reuters Pangeran Mohammed bin Salman diburu selfie. Foto: Reuters
Riyadh - Putra mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) belakangan ini menjadi sorotan karena kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Tidak terkecuali ketika ia mengunjungi forum Future Investment Initiative di Riyadh, Arab Saudi. Dalam forum yang disebut sebagai 'Davos in the Desert', popularitas MbS tampaknya tidak terpengaruh dengan kecurigaan bahwa ia merupakan dalang di balik pembunuhan Khasoggi.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh RT, dalam sebuah sesi foto yang tidak terjadwal, MbS terlihat dikelilingi oleh peserta forum yang ingin mengambil selfie dengannya.



Para peserta yang sebagian besar merupakan investor, banker, dan entrepreneur ini juga saling berebut untuk mendapatkan posisi yang pas untuk mengambil foto MbS dari kejauhan.

MbS sendiri terlihat santai dan melayani permintaan peserta yang ingin berfoto bersama. Walaupun awalnya ia sempat mundur karena terlihat khawatir tidak bisa meloloskan diri dari lautan manusia.

Forum yang digagas MbS pada tahun 2017 ini juga menjadi sorotan. Terutama karena banyaknya nama besar di jagat teknologi yang memboikot forum ini.



Nama-nama seperti Diane Greene (CEO Google Cloud), Dara Khosrowshahi (CEO Uber), Masayoshi Son (CEO SoftBank), dan Richard Branson (founder Virgin Group), kompak mundur dari forum tersebut. Walau tidak menyebut alasan konkret, kematian Khashoggi tampaknya melatar belakangi keputusan mereka.

MbS sendiri dianggap sebagai sosok muda yang akan menjadikan Arab Saudi yang lebih modern. Hal itu terlihat dari dekatnya hubungan MbS dengan Silicon Valley, dan kunjungannya ke CEO Facebook, Mark Zuckerberg, CEO Apple, Tim Cook, CEO Google, Sundar Pichai, serta CEO Amazon, Jeff Bezos. (fyk/fyk)