Senin, 10 Sep 2018 14:36 WIB

Jack Ma Wariskan Rp 6.274 Triliun Buat Alibaba

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
FOKUS BERITA Jack Ma Pensiun
Jakarta - Jack Ma mengumumkan mengundurkan diri sebagai Chairman of the Board Alibaba Group. Selama menjalankan perusahaan hingga pensiun, Jack Ma telah mewariskan miliaran dollar bagi perusahaann yang telah dirintisnya hampir dua dekade tersebut.

Seperti diketahui, Jack Ma adalah sosok sentral di balik berdirinya Alibaba sebagai perusahaan e-commerce sejak 1999. Selama itu pula, mantan guru bahasa Inggris ini menakhodai Alibaba hingga menjelma sebagai perusahaan global seperti sekarang.

Hasilnya, sebagaimana dikutip dari Reuters, Senin (10/9/2018), Alibaba saat ini telah tumbuh besar dan memiliki lebih dari 66 ribu karyawan. Perusahaan ini pun mempunyai valuasi pasar mencapai USD 420 miliar atau sekitar Rp 6.274 triliun.


Jack Ma sendiri turut merasakan hasil kerja kerasnya dari menjalankan bisnis Alibaba. Pria yang pada Senin 10 September 2018 ini menginjak usia 54 tahun, mengantongi kekayaan bersih hingga USD 36,6 miliar atau Rp 546 triliun, seperti dikutip dari Forbes. Nilai kekayaan Jack Ma sedikit menurun dibandingkan sebelumnya. Sebelumnya, Forbes mengestimasi kekayaan Jack Ma berada di angka USD 38,7 miliar atau hampir Rp 570 triliun.

Di Indonesia, Alibaba mempunyai banyak bisnis. Memang tidak secara langsung, melainkan melalui investasi Alibaba di dua pemain besar e-commerce Indonesia, yakni Lazada dan Tokopedia.

Torehan prestasi Jack Ma yang terjun di industri teknologi ini sangat menarik. Apabila melihat dari perjalanannya sejauh ini, di mana Jack Ma pernah takut pada internet, namun justru internet tersebut yang membawanya pada kejayaan di hidupnya.

Sekarang, kesuksesan Alibaba selanjutnya berada di tangan Daniel Zhang. Ia baru saja secara resmi ditunjuk menggantikan posisi Jack Ma di Alibaba Group pada hari ini.



Terhitung satu tahun sejak hari ini, Zhang akan meneruskan kepemimpinan Jack Ma sebagai Chairman of the Board Alibaba Group pada 10 September 2019. Jack Ma akan terus menjabat sebagai Executive Chairman perusahaan selama 12 bulan ke depan untuk memastikan transisi kepemimpinan kepada Daniel Zhang berjalan mulus.

Jack Ma juga akan menuntaskan tugasnya yang saat ini menjabat anggota Board of Directors Alibaba Group hingga Rapat Umum Pemegang Saham perusahaan tahun 2020.

Setelah pensiun, ada banyak hal yang akan dilakukan Jack Ma ke depan. Salah satu fokusnya adalah kegiatan filantropi. (agt/rns)
FOKUS BERITA Jack Ma Pensiun

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed