Selasa, 31 Jul 2018 21:17 WIB

'Peran' Jack Ma di Balik Mission: Impossible - Fallout

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Jack Ma. Foto: Reuters Jack Ma. Foto: Reuters
Jakarta - Sudah nonton film Mission: Impossible - Fallout? Jika diperhatikan baik-baik, akan ada 'sentuhan' dari salah satu orang terkaya di Asia, yaitu Jack Ma, di film tersebut.

Hal itu tampak dari munculnya nama Alibaba Pictures sebagai bagian dari produksi film yang dibintangi oleh Tom Cruise dan Henry Cavill tersebut. Alibaba Pictures sendiri merupakan anak perusahaan dari Alibaba, perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma pada 1999.


Sebelum diakuisisi pada 2014 lalu, perusahaan tersebut bernama ChinaVision Media. Setahun setelahnya, Alibaba Pictures menjadi perusahaan yang bergerak di dunia perfilman dengan market value tertinggi di Negeri Tirai Bambu, mencapai USD 9,6 miliar.

Mission: Impossible - Fallout bukan film pertama yang mendapat campur tangan dari Alibaba Pictures. Sebelumnya, ada Mission: Impossible - Rogue Nation dan Star Trek Beyond yang masuk ke dalam portofolio perusahaan tersebut.

Alibaba pun bukan satu-satunya perusahaan teknologi yang terjun ke dunia film. Sesama e-commerce, yaitu Amazon, juga sudah melakukan hal serupa.

Hal tersebut tampak dari lahirnya unit bisnisnya yang bernama Amazon Studios pada 2010 lalu. Manchester by the Sea dan The Lost City of Z adalah sejumlah nama yang mendapat bantuan dari perusahaan tersebut.

Selain itu, Amazon Studios juga berencana untuk memproduksi serial televisi dari The Lord of the Rings. Bahkan, Jeff Bezos menyebut jika proyek itu digadang-gadang mampu menyaingi kepopuleran dari Game of Thrones.


Di samping bisnis di sektor perfilman, Alibaba Group turut punya lini bisnis yang mendukung industri digital, seperti Alicloud, layanan logistik Cainiao, digital marketing Alimama, layanan finansial Alipay dan fasilitas kredit UKM dari Ant Financial.

Mereka juga punya layanan digital seperti aplikasi UC Browser, layanan streaming video Youku dan layanan pesan instan DingTalk. Tidak mengherankan jika Alibaba punya 20 ribu karyawan di markas utamanya.


Tonton juga video: 'Jack Ma Lepas Gelar Orang Terkaya di Asia ke Mukesh Ambani'

[Gambas:Video 20detik]

(mon/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed