Senin, 25 Jun 2018 22:29 WIB

Browser Microsoft di Android & iOS Punya Fitur Anti Iklan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Microsoft menambah sebuah fitur baru ke browser Edgenya di Android dan iOS yang bakal jadi hal menarik, yaitu fitur anti iklan.

Ya, Microsoft menambahkan software anti iklan populer Adblock Plus ke dalam Edge, alias ekstensi anti iklan tersebut nantinya akan menjadi satu kesatuan pada Edge. Fitur anyar ini tengah diuji dalam program beta di Android, juga tersedia di iOS dalam program pengujian.

Dalam waktu dekat fitur tersebut akan tersedia bagi semua pengguna Edge di Android dan iOS, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Senin (25/6/2018).

Bagi pengguna Edge versi beta, fitur anti iklan ini bisa dinyalakan pada menu pengaturan browser tanpa perlu menginstal ekstensi terpisah lagi. Langkah Microsoft ini berbeda dengan yang diambil oleh Google.

Seperti diketahui, Google juga mengintegrasikan fitur anti iklan ke dalam Chrome untuk Android. Namun fitur tersebut tak seagresif Adblock Plus dalam mengusir iklan-iklan yang tak diinginkan.

Wajar memang, pasalnya iklan adalah sumber pemasukan utama bagi Google. Tentu akan aneh jika Google memasukkan fitur anti iklan yang agresif di produk buatannya.

Langkah Microsoft ini senada dengan yang dilakukan Mozilla pada Firefox versi Android, namun Microsoft memilih tak membuat softwarenya sendiri dan langsung memilih pengusir iklan yang populer di pasaran, yaitu Adblock Plus. (asj/asj)