Tak Masuk Daftar Kemenag, 4 Ustadz Ini Populer di Medsos - Halaman 5

Tak Masuk Daftar Kemenag, 4 Ustadz Ini Populer di Medsos

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 21 Mei 2018 14:19 WIB
Foto: Internet

Hanan Attaki mendobrak gaya pakem para ustadz yang seringkali mengenakan gamis atau koko yang dilengkapi dengan peci. Ia lebih memilih dengan gaya anak muda kebanyakan, menggunakan kemeja, kadang kali ia hanya menggunakan kaos yang dipadu kupluk dan kacamata yang sering kali melekatnya.

Kendati begitu, apa yang disampaikan Hanan Attaki masih bersuara ustadz pada umumnya, yakni menyampaikan dakwah sesuai dengan ajaran Islam. Gaya penampilannya ini membuat anak muda kepincut, khususnya gaya ceramahnya yang ringan dan mudah diterima generasi kid zaman now.

Hanan Attaki merupakan pendiri SHIFT, sebuah gerakan pemuda hijrah di Bandung. Semua itu berawal dari kajian di Masjid Al Lathiif, Bandung, sejumlah pemuda yang dulunya pernah bermasalah dengan kenakalan akhirnya memutuskan hijrah. Setelah mantap dengan jalan yang ditempuhnya, mereka berusaha mengajak pemuda-pemuda lain agar berubah.

Dibandingkan ustadz sebelumnya yang disebutkan di atas, nama Hanan Hattaki sangat terkenal di Instagram. Ada tiga juta pengguna yang mengikuti berbagai postingan lulusan Universitas Al-Azhar, Mesir tersebut.

Hanan Attaki juga punya akun YouTube yang dinamakan dengan namanya sendiri. Baik itu ceramah maupun video saat ia menjadi imam, sudah di-subscribe sebanyak 68 ribu.

Mengenai isu ini pun menuai polemik dari berbagai kalangan. Sebelumnya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sendiri mengatakan akan memperbarui data penceramah tersebut.

"Selama ini, Kemenag sering dimintai rekomendasi mubalig oleh masyarakat. Belakangan, permintaan tersebut semakin meningkat sehingga kami merasa perlu untuk merilis daftar nama mubalig," ujarnya.



(agt/ash) (agt/ash)