Sabtu, 19 Mei 2018 03:04 WIB

Ongkos Kereta Cepat Elon Musk Cuma Rp 14.000

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Ist/Internet Foto: Ist/Internet
Jakarta - Meski judulnya moda transportasi modern, bukan berarti kereta cepat yang dibuat Elon Musk mematok harga tiket yang tinggi.

Elon mengungkapkan sejumlah detail baru mengenai Loop, moda transportasi modern yang digarapnya melalui salah satu perusahaannya bernama The Boring Company. Salah satu hal yang dikatakannya adalah biaya untuk menaiki moda transportasi tersebut.

Ia memperkirakan, setiap orang akan membayar USD 1, atau setara dengan Rp 14.100, untuk sekali perjalanan. Dengan biaya tersebut, penumpangnya dapat menaiki sebuah kendaraan bermuatan 16 orang yang melaju dengan kecepatan 240 kilometer per jam.



Dengan kecepatan tersebut, maka Loop dapat mengantarkan penumpangnya dari Downtown Los Angeles menuju Los Angeles International Airport, atau sebaliknya, hanya dalam waktu delapan menit. Waktu tersebut sekitar tiga kali lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan mobil untuk menempuh perjalanan sepanjang 28 kilometer itu.

Sebagai pendukung dari sistem transportasi tersebut, ia juga berniat untuk membangun puluhan hingga ratusan stasiun-stasiun kecil seukuran lahan parkir untuk satu atau dua mobil. Hal tersebut menurutnya dapat membuat semua orang menghindari kemacetan dari berbagai titik.

Kemacetan memang menjadi masalah utama yang ingin diselesaikan oleh pria berjuluk Iron Man tersebut melalui proyek Loop. Selama 16 tahun hidup di Los Angeles, ia mengaku sudah mengalami 'neraka' dalam berbagai tingkatan akibat dari kemacetan yang dihadapinya. Elon pun terpaksa terlambat menghadiri beberapa acara karena masalah tersebut.

Naik Kereta Cepat Elon Musk Cuma Bayar Rp 14.000Foto: Ist/Internet


"Ini merupakan satu-satunya cara yang bisa kita pikirkan untuk mengatasi masalah kemacetan yang sudah kronis di kota ini," ujarnya, sebagaimana detikINET kutip dari CNET, Sabtu (18/5/2018).

Walau Elon tidak memberikan lini masa yang pasti mengenai proyeknya ini, Steve Davis selaku salah satu pimpinan dari The Boring Company mengatakan bahwa terowongan antara Los Angeles dengan San Francisco akan selesai dalam beberapa waktu.

Meski begitu, dalam waktu dekat, perusahaan tersebut baru akan memberlakukan jalur pendek sepanjang 4,3 kilometer sebagai tahap awal dari jalur seutuhnya yang memiliki panjang hampir 100 kilometer yang membelah kota Los Angeles.



Sebelumnya, Elon mengunggah video yang memperlihatkan terowongan untuk jalur moda transportasi Loop. Ia pun tak lupa menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang bekerja dalam proyek ini dalam rekaman tersebut.

Loop sendiri beroperasi menggunakan sejenis kereta luncur elektrik yang dipasangkan pada jalur semacam rel di dalam terowongan. Selain mampu mengangkut hingga 16 orang, kereta luncur cepat tersebut juga bisa digunakan untuk mengangkut sebuah mobil. (rns/rns)