Jumat, 13 Apr 2018 07:00 WIB

Amunisi Baru Zuckerberg Balas Sindiran Bos Apple Terkuak

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Facebook/Mark Zuckerberg Foto: Facebook/Mark Zuckerberg
Jakarta - Meski telah membalas, sepertinya Mark Zuckerberg belum benar-benar menyudahi perang sindiran dengan CEO Apple Tim Cook. Bahkan dia telah menyiapkan amunisi untuk membalas kembali.

Hal tersebut terungkap dari jepretan fotografer yang mengikuti rapat dengar pendapat antara Zuckerberg dengan anggota DPR Amerika Serikat pada Kamis (12/4/2018). Sang fotografer berhasil mendokumentasikan naskah panduan yang dipegang bos Facebook saat menjalani sidang tersebut.



Dalam catatan itu ada banyak informasi yang menguraikan bagaimana Zuckerberg merespon sejumlah poin bilamana ditanyakan oleh para senator. Salah satu yang menarik bagaimana menjawab sindiran bos Apple kepada Facebook.

Poin-poin yang akan diutarakan Zuckerberg lumayan menohok. Walaupun pada akhirnya tidak diungkapkan dalam persidangan kemarin. Adapun isinya sebagai berikut:

Model Bisnis Tim Cook
- Bezos (CEO Amazon): "Perusahaan yang berkerja keras untuk membebani Anda lebih banyak dan perusahaan yang berkerja keras untuk membebani Anda lebih sedikit."

- Di FB, kami mencoba dengan keras untuk menagih Anda sedikit. Pada faktanya, kami gratis.

- Pada data, kami sama. Ketika kamu menginstal aplikasi di iPhone, kamu memberikan akses ke sejumlah informasi, sama ketika kamu login ke FB.

- Banyak cerita tentang aplikasi yang menyalahgunakan data Apple, belum pernah terlihat Apple memberitahukan ke pengguna.

- Penting mengganggap semua orang dengan standar yang sama.

Terkuak Amunisi Zuckerberg untuk Lawan Bos AppleFoto: redmondpie


Sebelumnya diberitakan CEO Apple Tim Cook beberapa kali menyerang Facebook, dalam hal ini sang CEO Mark Zuckerberg, terkait kasus privasi data Cambridge Analytica.

Cook pernah mengeluarkan pernyataan bahwa situasi yang dialami oleh Facebook saat ini, yaitu diangkutnya data milik jutaan penggunanya oleh Cambridge Analytica, diakuinya sangat mengerikan.

"Saya pikir situasi (yang dialami Facebook) saat ini sangat mengerikan dan menjadi masalah besar sehingga sekiranya dibutuhkan sebuah regulasi yang dirancang dengan amat baik," ujar Cook.

"Dari sudut pandang saya, pihak manapun tidak semestinya memiliki kemampuan dalam mengetahui apa yang seseorang cari di internet dalam waktu bertahun-tahun, siapa yang dihubunginya, apa yang disuka dan tidak disukainya, dan informasi sensitif lainnya," katanya menambahkan.



Kemudian dalam sebuah wawancara, Cook diberi pertanyaan, apa yang akan ia lakukan jika ia menjadi Mark Zuckerberg, dan Facebook berada dalam kondisi saat ini. Pertanyaan itu dijawab dengan singkat namun menohok oleh Cook.

"Saya tidak mungkin ada dalam situasi tersebut," jawab Cook dengan ekspresi wajah terkesan jijik.

Mendapat beberapa kali 'serangan' dari Cook, Zuckerberg tentu tidak terima dan melancarkan serangan balik. Dalam sebuah wawancara, Zuckerberg mengatakan apa yang dikatakan Tim Cook soal Facebook mengandung kepalsuan dan tidak benar.

Dia juga menambahkan antara Apple dengan Facebook adalah perusahaan yang berbeda, model bisnisnya pun tidak sama. Apple menjual gadget seperti iPhone sedangkan Facebook adalah layanan gratis yang menggantungkan pendapatannya dari iklan.

"Realitasnya adalah jika kamu ingin membangun layanan yang membantu menghubungkan setiap orang di dunia, maka sebenarnya tidak banyak yang bisa membayarnya," tandas Zuck (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed