BERITA TERBARU
Senin, 02 Apr 2018 11:43 WIB

Google Matikan Pemendek URL Goo.gl

Josina - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Google mengumumkan akan menghentikan layanan short link goo.gl. Para pengguna sudah tak bisa lagi menggunakan layanan pemendek URL itu sejak 13 April 2018.

Namun bagi pengguna lama masih bisa menggunakan layanan ini sampai satu tahun ke depan, tapi setelahnya Google akan menutup layanan sepenuhnya.

Dikutip detikINET dari The Verge Senin, (2/4/2018) Firebase Software Engineer Michael Hermanto mengatakan Google memperkenalkan layanan pemendek URL itu pada tahun 2009. Peluncuran itu telah mengubah cara pengguna internet dalam berbagi informasi sehingga layanan pemendek URL menjadi kian populer.

Hermanto menambahkan, langkah ini merupakan upaya Google untuk menggantikan layanan ini dengan Firebase Dynamic Links (FDL) yang memungkinkan pengguna untuk mengakses lokasi spesifik di iOS, Android atau aplikasi internet.

Para pengguna lama akan tetap bisa memperpendek URL dan memindahkan data dari konsol goo.gl hingga 30 Maret 2019.

Setelah itu, tautan tersebut yang telah dipersingkat akan mengalihkan pengguna ke tujuan asli. Namun, tautan tersebut tidak akan dimigrasikan ke konsol Firebase baru. (jsn/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Jaringan XL Diklaim Selimuti 93% Indonesia

    Jaringan XL Diklaim Selimuti 93% Indonesia

    Jumat, 27 Apr 2018 10:18 WIB
    Hingga saat ini, cakupan jaringan data operator seluler ini telah melayani di kurang lebih 4.226 kecamatan yang berada di 406 kota/kabupaten di Tanah Air.
  • Pasar Ponsel Melemah, Samsung Tetap Untung

    Pasar Ponsel Melemah, Samsung Tetap Untung

    Jumat, 27 Apr 2018 09:30 WIB
    Samsung Electronic mengungkap pasar ponsel secara global melemah dan memperlambat pertumbuhan pemasukkannya. Kendati begitu mereka masih meraup keuntungan.
  • Nokia N Series Siap Bangkit dari Kubur

    Nokia N Series Siap Bangkit dari Kubur

    Jumat, 27 Apr 2018 09:04 WIB
    HMD Global kembali akan membangkitkan ponsel Nokia yang tenar di masanya. Vendor asal China itu dikabarkan bakal merilis ponsel N-Series dalam waktu dekat.
  • Janji Untung Cuma 5% ala Xiaomi

    Janji Untung Cuma 5% ala Xiaomi

    Jumat, 27 Apr 2018 07:23 WIB
    Bos Xiaomi Lei Jun berjanji kalau perusahaannya itu akan membatasi laba bersih alias untung setelah pajak untuk penjualan produknya sebesar 5%. Kenapa?
  • Ganti Presiden, Nintendo Siap Pecahkan Rekor

    Ganti Presiden, Nintendo Siap Pecahkan Rekor

    Jumat, 27 Apr 2018 06:45 WIB
    Nintendo mengumumkan nama baru yang akan menjadi presiden. Pergeseran jabatan ini diharapkan dapat mengalahkan rekor keuntungan yang ditorehkannya 9 tahun lalu.