Minggu, 25 Mar 2018 20:29 WIB

Bos Go-Jek Masuk Kandidat Cawapres Jokowi versi PSI

Faiq Hidayat - detikInet
Bos Go-Jek Nadiem Makarim. Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati Bos Go-Jek Nadiem Makarim. Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengumumkan nama 12 tokoh yang diusulkan menjadi cawapres untuk Jokowi pada Pilpres 2019. Para tokoh ini datang dari berbagai kalangan, dari tokoh parpol, profesional, hingga militer. Ada juga pendiri dan CEO Go-Jek, Nadiem Makarim.

"Ada 12 nama cawapres. Ada dua orang perempuan Bu Susi dan Bu Sri Mulyani, ada satu orang dari parpol Pak Airlangga," ujar Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni saat jumpa pers di Kantor DPP PSI, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta, Minggu (25/3/2018).

Antoni menjelaskan hasil nama-nama cawapres ini dari penelusuran yang dilakukan pengurus PSI pusat hingga kecamatan. Pengurus PSI melakukan komunikasi intensif dengan masyarakat, ormas dan parpol untuk menjaring aspirasi mengenai cawapres.

"Nanti nama-nama ini akan diajukan kepada Presiden Jokowi dan parpol pengusung, namun nanti belum tahu kapan," ujar Antoni.

Sementara itu, Ketua Umum PSI Grace Natalie menyebutkan nama-nama cawapres ini belum final, karena masih akan dibahas di internal PSI. Nama-nama yang muncul ini, kata Grace, diambil dari aspirasi masyarakat.

"Ini bukan final kami tampilkan akan dilempar oleh publik. Nama ini juga sering muncul di publik," ucap Grace.

Menurut Grace, metode yang digunakan PSI memilih nama-nama ini melalui media sosial. Kemudian PSI melakukan kajian terhadap nama-nama tersebut.

"Kami manfaatkan media sosial FB, Instagram dan lainnya. Nama mereka sering disebut di media sosial," kata Grace Natalia.

Berikut nama-nama yang diumumkan PSI:

1. Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto
2. Founder and Chairman CT Corp Chairul Tanjung
3. Mantan Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin
4. Bos Go-Jek Nadiem Makarim
5. Ketum PBNU KH Said Aqil Siraj
6. Mantan Ketua MK Mahfud MD
7. Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas
8. Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko
9. Menko Kemaritiman Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan
10. Menteri Keuangan Sri Mulyani
11. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
12. Pengusaha Rusdi Kirana (fai/fyk)