Rabu, 14 Feb 2018 21:57 WIB

Ini Bedanya Generasi 80-an dan 90-an di Medsos

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Rachman Haryanto/detikINET Foto: Rachman Haryanto/detikINET
Jakarta - Milenial sudah sangat dikenal erat dengan media sosial dan platform online lainnya. Namun bagaimana sebenarnya mereka memanfaatkannya?

Tidak hanya menyandang status sebagai demografi terbesar di Indonesia, sekitar 84 juta (33%) dari total 255 juta penduduk berdasarkan data Bappenas pada 2015, milenial juga menarik banyak perhatian karena mereka seakan menguasai berbagai platform online saat ini.

Hal tersebut disebabkan karena mereka tumbuh seiring dengan perkembangan teknologi, sehingga mereka sudah terbiasa dengan internet dan berbagai hal yang disediakan di dalamnya.

Tidak hanya terbiasa, namun juga mereka memiliki keunikan tersendiri sesuai dengan kepribadian mereka dalam memanfaatkan internet, dengan salah satu yang utama adalah media sosial.

Devi Attamimi, Executive Director of Strategy Hakuhudo Network Indonesia, mengatakan bahwa generasi millenial ternyata memiliki kebiasaan yang berbeda dalam penggunaan media sosial.

Ia membagi milenial menjadi dua kategori, yaitu yang kelahiran di dekade 80-an dan 90-an. Menurutnya, para milenial kelahiran 1980-an merupakan seorang kurator, sedangkan yang lahir pada 1990-an lebih bersifat konvergen.

"Orang-orang yang lahir di era 80-an lebih cenderung memilah-milah dan membandingkan hal-hal yang ada di kehidupan nyata dan internet," ujarnya saat dijumpai dalam Ciputra Artpreneur Talk di Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Ia memberi salah satu contoh bahwa, berdasarkan hasil survei yang dilakukannya, para kelahiran 80-an lebih suka melakukan riset terlebih dahulu ke toko fisik mengenai suatu produk, walaupun pada akhirnya mereka cenderung membelinya lewat internet.

Satu hal yang dilihatnya dalam fenomena ini adalah mereka lebih menghidari risiko dari berbelanja secara online, sehingga merasa perlu untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Menariknya, hal tersebut justru berbanding terbalik dengan para milenial kelahiran 90-an. Devi mengatakan bahwa mereka justru seakan tidak peduli dengan risiko, dengan satu-satunya riset yang dilakukan adalah membandingkan harga di berbagai aplikasi e-commerce melalui smartphone.

"Jika mereka tidak suka, maka mereka tinggal menjualnya," ucapnya.

Selain itu, perbedaan besar lain yang tampak antara orang-orang kelahiran 80-an dan 90-an dalam menggunakan media sosial adalah pilihan mereka dalam menampilkan diri sendiri.

"Kelahiran 80-an cenderung merasa ingin tampil sempurna di setiap unggahannya, sedangkan kelahiran 90-an lebih berani dalam mengekspresikan dirinya di media sosial," tutur Devi.

Ia menambahkan, hal tersebut menimbulkan kebutuhan yang cukup besar dari kelahiran 80-an terhadap aplikasi penyunting foto dalam upaya untuk mendapat filter yang bagus.

Sedangkan kelahiran 90an bisa dikatakan menciptakan tren tersendiri dengan memunculkan tagar seperti #bareface maupun #nomakeup dalam unggahan di Instagram. Meski begitu, bukan berarti dua bagian dari generasi milenial ini berbeda sama sekali.

Berdasarkan keterangan dari Devi, kedua kategori ini bersuara sama saat ditanya mengenai transformasi teknogi yang paling berpengaruh dalam mengubah hidup mereka, yaitu kehadiran transportasi digital dan media sosial. (fyk/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..