Kamis, 28 Des 2017 14:06 WIB

WiCo 2.0, 'Warnet' yang Mengusung Konsep Zaman Now

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Di era awal kehadiran internet, warung internet alias warnet jadi incaran mereka yang ingin berselancar di dunia maya. Konsep tersebut kembali diadopsi, namun dengan kemasan yang kekinian.

Dulu, warnet identik dengan deretan komputer yang dipisahkan di antara bilik. Sekarang, wujud warnet zaman now ini lebih kepada penyewaan sinyal WiFi yang difasilitasi Telkom melalui WiFi Corner 2.0 (WiCo 2.0).

WiCo 2.0 adalah layanan WiFi.id untuk publik yang digelar Telkom bekerjasama dengan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Para UMKM ini berperan menyediakan tempat dan penjualan voucher WiFi.id kepada pengguna internet di lokasi tersebut.

Berbeda dengan konsep warnet zaman dulu, tidak disediakan perangkat untuk berinternet. Adapun konsep bisnis warnet WiCo 2.0 mengadopsi fenomena WiFi everywhere dan Bring Your Own Device (BYOD).

"Usaha ini cocok bagi pelaku UMKN dan pemberdayaan perempuan sebagai mengembangkan usaha rumahan, sehingga mampu meningkatkan ekonomi keluarga," ujar Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan di Smesco, Jakarta, Kamis (28/12/2017).

WiCo 2.0, 'Warnet' yang Mengusung Konsep Zaman Now Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET


Telkom menerapkan sistem bagi hasil dari tarif yang diberikan si pemilik warnet zaman now tersebut. Mereka diperbolehkan meningkatkan tarifnya kepada pengguna.

"Dari kami kepada pemilik WiCo 2.0 itu Rp 3.500. Mereka bisa menaikkan tarifnya kepada pelanggan, kita nggak larang. Dari Rp 3.500 itu bagi hasil, 50:50 yang artinya modal hanya Rp 1.750 selama dua jam untuk satu pelanggan," jelasnya.

Soal kecepatan akses internetnya, Telkom menjanjikan kapasitas maksimal 100 Mbps dapat dinikmati pengguna layanan WiCo 2.0.

Dengan metamorfosis konsep bisnis warnet ini, Telkom berharap tak hanya dapat memudahkan para pelaku UMKM dalam menjalankan bisnisnya, tetapi juga turut mempercepat penyebaran akses internet kepada seluruh lapisan masyarakat.

Saksikan vidoe 20detik untuk melihat seperti apa warnet zaman now di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Dear Netizen, Waktu Imsak Hari Ini 4.26 WIB

    Dear Netizen, Waktu Imsak Hari Ini 4.26 WIB

    Senin, 28 Mei 2018 03:40 WIB
    Setiap menjalani sahur di bulan Ramadan, ada banyak netizen yang mencari tahu kapan waktu imsak tiba. Ingat, hari ini imsak pukul 4.26 WIB dan subuh 4.36 WIB.
  • Mengenal Konsep Revolusi Industri 4.0

    Mengenal Konsep Revolusi Industri 4.0

    Senin, 28 Mei 2018 03:23 WIB
    Revolusi industri 4.0 sudah di depan mata. Bahkan revolusi industri generasi keempat ini telah dibicarakan dan gaungnya semakin nyaring terdengar di Indonesia.
  • Tokopedia Kalahkan WhatsApp dan Instagram

    Tokopedia Kalahkan WhatsApp dan Instagram

    Senin, 28 Mei 2018 02:50 WIB
    Aplikasi Tokopedia dalam waktu singkat berhasil memuncaki Apple Store dan Google Play mengalahkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Kok bisa?
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.