Senin, 04 Des 2017 12:42 WIB

Ini 10 Prediksi Soal Masa Depan Bitcoin

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo
FOKUS BERITA Fenomena Bitcoin
Jakarta - Bitcoin beberapa bulan ini tengah naik daun karena nilai tukarnya yang terus meningkat drastis. Namun sebenarnya seperti apa masa depan cryptocurrency ini?

James Altucher, seorang investor teknologi, fund manager, dan venture capitalist, menulis 10 prediksinya soal mata uang digital ini. Menurutnya, 98% mata uang digital yang ada saat ini masuk ke dalam katagori penipuan, namun bitcoin, dan sejumlah mata uang digital lain, punya kasus yang berbeda.

Altucher menyebut bitcoin dan sejumlah mata uang digital lain suatu waktu akan menggantikan posisi uang kertas sebagai alat tukar. Pasalnya, mata uang ini bisa memperbaiki masalah yang ada pada mata uang kertas, dan memang dalam sejarah, hal yang sama selalu terjadi pada mata uang baru yang menggantikan mata uang lama.

Contohnya, emas menggantikan sistem barter sebagai alat transaksi, dan uang kertas menggantikan emas. Kini menurut Altucher, bitcoin dan sejumlah mata uang digital lain pun akan menggantikan uang kertas sebagai alat transaksi.

Dilansir detikINET dari CNBC, Senin (4/12/2017), berikut adalah 10 prediksi bitcoin dari Altucher.

1. Setidaknya akan ada satu negara yang mata uangnya mati, kemungkinan Argentina atau Venezuela. Hal ini akan membuat pengadopsi bitcoin meningkat sangat besar, yang akan memicu peningkatan nilai bitcoin menjadi lebih dari USD 50 ribu saat hal itu terjadi.

2. Bank mainstream akan menerima bitcoin, dan mulai menawarkan fasilitas penyimpanan bitcoin. Mereka juga akan membuat turunan mata uang digital.

3. 95% dari mata uang digital selain bitcoin akan menghilang, sama seperti ketika situs dotcom tengah booming. Di sisi lain, mata uang digital yang masih selamat nilai tukarnya akan meningkat drastis. Hal ini akan terjadi dalam empat sampai enam bulan ke depan.

4. Pemerintah AS diam-diam akan mulai mengakumulasi salah satu mata uang digital yang kecil untuk mempermudah transaksi di area abu-abu dengan negara lain. Hal ini sebenarnya sudah mulai terjadi, namun baru akan besar di 2018 mendatang.

5. China akan berinvestasi besar-besaran dalam mata uang digital, meski kemungkinan besar bukan bitcoin. Pemerintah China akan ingin mempunyai sebuah mata uang digital yang kompetitif dengan bitcoin. Syaratnya mata uang digital tersebut harus bisa mereka kontrol.

6. Masalah utama pada mata uang digital adalah volatilitas,dan hal ini diprediksi akan menurun drastis pada 2018 mendatang.

7. Semakin banyak perusahaan akan membayar para freelancer-nya menggunakan mata uang digital, yang akan memicu terjadinya reformasi pajak.

8. Mata uang digital akan mengubah monopoli mata uang yang oleh pemerintahan suatu negara, sama seperti internet yang mengubah praktik monopoli di industri telepon.

9. Akan ada lembaga pemerintahan baru yang dibuat untuk menganalisa regulasi mata uang digital.

10. Ribuan perusahaan mata uang digital akan dibuat dan akan go public, namun hanya beberapa yang bisa sukses. (asj/fyk)
FOKUS BERITA Fenomena Bitcoin

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..