Selasa, 14 Nov 2017 14:10 WIB

Bill Gates Sumbang Rp 1,3 Triliun untuk Alzheimer

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Co founder Microsoft Bill Gates kembali menyumbangkan pundi-pundi kekayaannya, kali ini untuk melawan penyakit Alzheimer.

Jumlah uang yang ia sumbangkan pun tak tanggung-tanggung. Untuk melawan penyakit ini ia berkomitmen menyumbangkan USD 100 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun. Selain itu, ia juga akan menggelontorkan uang ke Dementia Discovery Fund, yang bertujuan untuk mencari pengobatan untuk penyakit tersebut.

Ada hal berbeda pada donasi Gates ini, yaitu ia tak menyalurkannya melalui Bill & Melinda Gates Foundation, yang punya bermacam proyek filantropi di seluruh dunia. Gates malah menyalurkan donasi ini sendiri.

Pada tahap pertama, Gates akan memberikan USD 50 juta ke Dementia Discovery Fund. Ini adalah gabungan dana dari bermacam industri dan pemerintahan yang ditujukan untuk mencoba dan mencari pengobatan untuk penyakit yang menyerang ingatan manusia ini.

Selanjutnya Gates juga akan menambahkan USD 50 juta pada startup yang bergerak di bidang penelitian Alzheimer, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Selasa (14/11/2017).

Penelitian soal Alzheimer sudah berlangsung sejak sangat lama, namun sampai saat ini belum ada pengobatan yang bisa memperlambat penyebaran penyakit ini. Obat yang saat ini sudah ada hanya bisa meringankan gejala penyakit tersebut.

"Ini adalah masalah yang besar, masalah yang terus tumbuh, dan skala untuk tragedi ini -- bahkan untuk orang yang bisa tetap hidup -- sangatlah tinggi," ujar Gates dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

Gates sendiri merasa optimis jika penelitian terhadap penyakit ini terus fokus dan mendapat pendanaan, nantinya akan pengobatan untuk Alzheimer akan ditemukan, meski membutuhkan satu dekade untuk mencapainya. (asj/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed