Jumat, 10 Nov 2017 17:27 WIB

Kisah 11/11, Pesta Belanja Online Bagi Para Jomblo

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Gelaran ajang belanja 11/11 makin kian terasa gempitanya. Berawal dari gerakan para pemain e-dagang menyasar kaum jomblo di daratan Cina pada 3-4 tahun lalu, yang ternyata menjadi suatu peristiwa fenomenal karena tingginya animo kaum jomblo.

Hampir di luar dugaan sebelumnya dan akhirnya malah menjadi tren yang dirayakan dan menjadi sebuah selebrasi kaum urban yang gaungnya terasa sampai ke Indonesia.

Jika pada tahun lalu tidak semua pelaku e-dagang ikut partisipasi, tahun 2017 ini kondisinya jauh berbeda karena hampir semua pelaku industri e-dagang berlomba membuat gelaran ini menjadi kemeriahan yang patut dirayakan secara istimewa.

Bahkan sejumlah perusahaan e-dagang sudah mempersiapkan gelaran ini sejak dua bulan lalu untuk memastikan terjadinya kenaikan transaksi—apalagi di tahun ini, 11 November jatuh pada akhir pekan di hari Sabtu yang pastinya akan lebih menyedot perhatian para konsumen Indonesia yang gemar berburu aneka penawaran.

Sedikit kilas balik, perayaan Single Day (11.11) berawal dari Tiongkok. Seperti namanya, budaya yang populer dengan istilah Guanggun Jie ini merupakan peringatan Hari Jomblo dimana mereka yang belum memiliki pasangan khususnya muda mudi di Cina merayakannya dengan berbelanja secara gencar karena banyaknya harga promosi yang gencar dilakukan para pemain retail di ranah daring.

Pada akhir tahun 2000-an, beberapa situs e-dagang di negeri tirai bambu membuat perayaan daringnya dengan menggelar pesta belanja di masing-masing situs daringnya tak kecuali dua raksasa perusahaan e-dagang di sana, Alibaba dan JD.Com.

Keduanya secara rutin merayakan dan memberi arti penting bahkan sampai mengusung tema-tema menarik setiap tahunnya. Kini, 'Single Day' pun telah menjadi perayaan belanja daring terbesar di dunia, hampir mengalahkan popularitas Thanksgiving di Amerika Serikat.

Menular ke Indonesia

Tahun 2017, di dalam perayaan pemanasan jelang Harbolnas 12/12, terdapat satu persamaan yang dilakukan seluruh perusahaan e-dagang, yakni diskon atau potongan harga.

Semua perusahaan e-dagang akan menggelar aneka diskon mulai dari 11% hingga 89% atau bahkan ada yang berani memotong hingga 90%. Lalu apa faedahnya buat konsumen selain penawaran harga yang murah, dan apakah benar-benar murah?

Semakin matangnya pertumbuhan industri online e-dagang di Indonesia pada kurun 2 tahun belakangan ini juga diiringi kematangan dan kejelian konsumen dalam memilih tempat berbelanja online.

Bahkan saking tingginya animo berbelanja online, tren ini sempat disinyalir menjadi salah satu faktor penyebab lesunya sektor toko offline atau ritel fisik karena beralihnya kebiasaan dan gaya hidup masyarakat Indonesia yang kian khatam berselancar di dunia maya terutama menggunakan ponsel pintar mereka.

Di antara rimba diskon dan potongan harga, adalah penting bagi konsumen untuk lebih jeli memilih dan mempertimbangkan aneka penawaran dari berbagai perusahaan e-dagang yang ada.

Adalah penting bagi kita konsumen untuk cermat dan menjadi pembeli yang pintar alias smart shopper agar tidak mudah tergiur angka diskon semata tapi perlu diperhatikan apakah memang diskonnya asli, apakah harganya tidak mengalami kenaikan terlebih dahulu baru kemudian didiskon.

Dalam gempita 11/11 atau 12/12, kejelian dan kecermatan menjadi kunci agar benar-benar mendapat produk dengan harga yang wajar bukan hanya sekedar janji promo semata.

Menjadi Smart Shoppers

Meskipun konsep menjadi pembelanja cerdas sekaligus cermat bukanlah konsep yang baru, tapi hal ini lebih banyak menjadi slogan belaka dibandingkan penerapannya yang menemui berbagai tantangan.

Besarnya angka diskon seringkali membuat konsumen lupa mengecek apakah benar dan normal harga yang ditawarkan di tengah semaraknya pesta diskon. Semua serasa murah dan sama.

Menjadi pembelanja cerdas tidak hanya dituntut untuk mengenali apa kebutuhan kita, tapi juga harus menuntut kecermatan kita dalam memilih layanan e-dagang mana yang menawarkan berbagai pilihan produk dengan katalog yang luas, layanan pelanggan yang andal, layanan pengantaran yang prima, serta jaminan layanan purna jual yang mumpuni agar belanja online menjadi sebuah perjalanan pengalaman yang utuh: ujung ke ujung yang menyenangkan.

Siap jadi pebelanja cerdas dan cermat di ajang pesta diskon besok?

(rou/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed