Kamis, 10 Agu 2017 12:52 WIB

Duh! Mobil Otonom Gampang Diusili

Yudhianto - detikInet
Mobil otonom Audi. Foto: Audi Mobil otonom Audi. Foto: Audi
Jakarta - Penggunaan segudang sensor jadi andalan di mobil otonom. Namun peneliti asal University of Washington berhasil menemukan cara sederhana untuk mengusili sensor tersebut.

Sensor di mobil otonom punya banyak fungsi pengenalan untuk mendeteksi kondisi jalan, seperti mengetahui keberadaan mobil di depannya atau pejalan kaki yang ingin menyeberang. Bahkan sensor di mobil otonom juga disebut mampu mengenali berbagai rambu yang ada di jalan.

Nah, kemampuan pengenalan rambu inilah yang lantas diketahui mudah diusili. Menurut peneliti asal University of Washington, sebuah coretan sederhana bisa mengganggu fungsi pengenalan sensor di mobil otonom, demikian seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Kamis (10/8/2017).

Apalagi kalau coretannya seakan menirukan rambu lain ketimbang rambu yang seharusnya, bisa menimbulkan bahaya yang serius.

Sebagai contoh, rambu untuk berhenti bisa dikenali sebagai rambu batas kecepatan dengan sedikit coretan sederhana. Bila hal ini terjadi, tentu bisa berakibat kecelakaan lantaran mobil otonom tidak berhenti seperti seharusnya.

Lebih bahaya lagi kalau ada yang memanfaatkan kelemahan ini untuk tujuan buruk. Misalnya mencorat-coret rambu agar mobil otonom justru mengenalinya sebagai rambu untuk menambah kecepatan ketika seharusnya melambat.

Sayang tak dijelaskan pada mobil otonom garapan perusahaan mana kelemahan semacam ini ditemukan. Tapi kalau permasalahan ini terjadi secara umum di mobil otonom, artinya pekerjaan rumah bagi pembuatnya untuk menemukan solusi.

(yud/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed