Jumat, 16 Jun 2017 10:40 WIB

Intel Bikin Pusat Riset Ramah Lingkungan Rp 2,3 Triliun

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Intel mengumumkan rencananya untuk memperluas pusat riset dan pengembangannya di India dengan sebuah hub canggih yang akan berlokasi di Bengaluru.

Sebelumnya, Intel juga sudah mempunyai fasilitas riset dan pengembangan terbesar di luar AS di India. Sejak 1999 lalu, Intel sudah menginvestasikan sekitar USD 4,5 miliar di India.

Dan untuk fasilitas terbarunya ini, Intel akan mengalokasikan dana sebesar USD 178 juta atau di kisaran Rp 2,3 triliun, yang akan dipakai untuk membangun bangunan yang pintar dan hijau, alias hemat energi dan akan menggunakan internet of things sebagai inti bangunannya.

"Intel India punya peran sangat strategis pada pertumbuhan Intel, dengan kontribusi pada teknologi Intel yang signifikan," ujar GM Intel India Nivruti Rai, seperti dilansir Venture Beat, Kamis (15/6/2017).

Bangunan ini akan berlokasi di kampus Intel di Sarjapur Ring Road yang terletak di kota Karnataka. Bangunan ini akan mempunyai luas 620 ribu square foot, dan akan digunakan untuk mendesain serta memverifikasi chip.

Namun hal yang paling menarik tentulah janji Intel untuk menggunakan energi terbarukan pada bangunan tersebut, juga penerapan teknologi gedung pintar, untuk memastikan tak ada energi yang terbuang saat tak ada orang di dalam gedung.

Selain Intel, India juga menjadi tempat bagi beberapa perusahaan teknologi lain untuk membangun pusat riset dan pengembangannya atau pun bermacam investasi lainnya. Perusahaan itu antara lain adalah Apple, Amazon dan Google. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed