Kamis, 01 Jun 2017 12:50 WIB

Puasa Bikin Mager, Belanjanya Lewat Online

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Ada dua momen utama dalam setahun yang membuat para pemain e-commerce meraup untung. Pertama ketika digelarnya Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dan bulan Ramadan seperti saat ini.

Pendapat ini diutarakan oleh CEO Bukalapak Achmad Zaky. "Saat Ramadan itu melonjak belanja online-nya. Selain itu ada juga saat Harbolnas, jadi dua momen itu (meningkat belanja online)," ujar Zaky ditemui usai buka puasa bersama dengan awak media di Bunga Rampai, Jakarta.

Misalnya pada Ramadan saat ini, dikatakan Zaky, bahwa di Bukalapak kebiasaan masyarakat untuk berbelanja online tumbuh 50% dibanding dengan hari biasanya.

Bahkan diungkapkannya, masyarakat haus belanja online pada tahun ini melebihi dari tahun lalu. Bila di 2016, belanjanya naik lima kali lipat dari hari normal, maka sekarang bisa mencapai belasan kali.

"Itu rata-rata dari data kami. Rata-rata per transaksinya bisa sekitar Rp 300 ribuan. Jadi saat masuk Ramadan itu langsung naik 50% dibandingkan harian," imbuhnya.

Puasa Bikin Mager, Belanjanya Lewat OnlineFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Mengenai momen puncak orang-orang mengakses Bukalapak untuk memesan barang, Zaki menyebutkan bahwa saat dan sesudah sahur menjadi primadona peak time-nya. Di samping itu, waktu siang hari juga sering dijadikan untuk berbelanja online.

"Kenapa bisa melonjak? mungkin ada hubungannya dengan bulan puasa dan mager (malas gerak), jadi mereka belanja online daripada belanja fisik dengan pergi ke mal-mal," kata Zaky.

Sementara untuk kategori yang diminati ketika berbelanja, itu tak ada bedanya dengan hari biasa. Kategori seperti gadget dan fashion menjadi yang utama diincar oleh masyarakat. (mag/mag)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed