Sabtu, 27 Mei 2017 15:37 WIB

Catatan dari Mountain View

YouTuber Indonesia Asyik Main di Google I/O

Rachmatunnisa - detikInet
Reggie Prabowo (Foto: dok. MiawAug) Reggie Prabowo (Foto: dok. MiawAug)
Jakarta - Google I/O memang tempat ngumpulnya para developer. Meski demikian, acara tahunan Google ini menawarkan banyak keseruan yang mengasyikkan bahkan bagi kalangan non developer.

Kesan ini pula yang ditangkap YouTuber Reggie Prabowo selama mengikuti Google I/O 2017 pada 17-19 Mei 2017. Google I/O menurutnya adalah event berskala besar yang tak hanya keren, tapi seru karena seperti taman bermain.

"Dari sudut pandang gue sebagai YouTuber gaming, di sana malah jadi tempat bermain gue. Banyak teknologi yang seru dan banyak demo-demo yang gue coba, seperti hal-nya lagi mau mencoba wahana-wahana yang ada di Dufan," ujarnya antusias.

Saksikan video 20detik tentang keseruan Sandbox Google di sini:





Wahana-wahana yang dimaksud pemilik akun YouTube MiawAug ini adalah Sandbox. Setiap tahunnya di acara I/O, Google memang selalu menyediakan Sandbox sebagai arena 'bermain' para developer. Sandbox inilah yang menambah kesan fun Google I/O.

Sandbox sendiri adalah bangunan-bangunan temporer berbentuk kubah putih yang menjadi wahana interaktif untuk menjajal dan mempelajari bagaimana setiap teknologi Google bekerja.

Beberapa bagian Sandbox mungkin terkesan teknis dan agak 'berat'. Maklum, namanya juga untuk developer. Tapi banyak juga Sandbox yang menyenangkan untuk dijajal oleh kalangan non developer seperti Reggie.

YouTuber Indonesia Asyik Main di Google I/O


'Oleh-oleh' Google I/O

Diundang menghadiri Google I/O adalah keistimewaan tersendiri bagi Reggie. Karena dari sana, dia menyaksikan langsung pengumuman seputar produk terbaru Google dan mendapat insight serta pengetahuan baru sebagai 'oleh-oleh' yang dibawanya pulang ke Indonesia.

"Google punya banyak banget produk teknologi yang siap untuk membantu kehidupan kita, tinggal dari kitanya siap atau nggak untuk menerima perkembangan jaman yang sudah begitu pesat," kata Reggie.

Dia juga berharap, semua produk Google akan mendukung penuh berbagai fiturnya untuk Indonesia, sehingga bisa dinikmati para pengguna layanannya di Tanah Air.

"Gue tunggu banget full support dari Google untuk Indonesia, terutama support dengan bahasa Indonesia juga, supaya penikmat teknologinya bukan hanya orang yang bisa bahasa Inggris, tapi bisa dinikmatin juga oleh orang lokal yang belum bisa bahasa Inggris," ujarnya.

YouTuber yang kontennya berisi review game ini juga terkesan dengan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) yang dipamerkan Google pada Sandbox Daydream dan Tango. Menurutnya, VR dan AR akan membuat industri game akan semakin menarik.

Nah, mumpung di Google I/O, Reggie tentu saja tak melewatkan kesempatan untuk menjajal kedua teknologi ini. Dia mencoba bermain game The Sims mobile. Satu hal yang membuat Reggie takjub, VR Daydream membuat dirinya bisa menjadi karakter sungguhan dalam game tersebut.

"Bisa jalan-jalan di dalam rumahnya dan bisa berinteraksi dengan orang-orang yang ada di game, that was so awesome. Gue berharap semoga ke depan teknologi ini bisa dirasakan banyak orang dan semakin terjangkau," harapnya.

Melihat dan merasakan sendiri banyaknya konten VR yang keren-keren, apakah Reggie tidak gatal ingin buat konten VR juga di channel YouTube MiawAug? Menjawab pertanyaan tersebut, Reggie pun tampaknya tidak bisa menahan diri.

"Pengen banget, tapi nunggu budget buat bikin content-nya hahaha," candanya.

Reggie dengan CEO Google Sundar Pichai Reggie dengan CEO Google Sundar Pichai


Selfie dengan Bos Google

Dari sekian banyak hal mengesankan yang dirasakannya selama mengikuti Google I/O 2017, ada satu momen yang menurutnya bakal teringat terus, yakni bisa bertemu dengan CEO Google Sundar Pichai, bahkan selfie bareng!

Apalagi, Reggie sukses bikin iri partisipan Google I/O lainnya. Sementara orang lain berusaha keras memepet Sundar Pichai untuk selfie bareng, Reggie justru diminta tim Google berfoto dengan orang nomor satu di Google tersebut.

Bukan tanpa sebab, Google memilihnya berfoto bersama Sundar Pichai, sebagai apresiasi lantaran postingan dengan hashtag #io17-nya merupakan top post terpopuler saat acara berlangsung.

"Sempat kaget dan gak bisa ngomong apa-apa pas dipanggil, disuruh foto," kata Reggie senyum-senyum mengingat momen itu.

Diakuinya, bisa selfie dengan CEO Google baginya adalah sebuah kehormatan. Foto selfie-nya bersama Sundar Pichai pun langsung dipamerkannya di Instagram @miawaug dengan hashtag #io17.

"Buat gue itu suatu kebanggaan tersendiri bisa foto dengan bos gue sendiri. Kok bos? Iya lah, kan gue YouTuber, YouTube kan punya Google, jadi dia itu bos gue," kata Reggie seraya tertawa.

Selebihnya, Reggie mengaku kagum dengan kantor Google yang begitu besar dan lengkap fasilitasnya. Dia pun mengaku tak sabar ingin segera menceritakan pengalamannya selama di kantor Google dan mengikuti Google I/O lewat vlog terbaru yang saat ini sedang diolahnya.

"Masih belum tau (kapan tayang vlog-nya). Masih diracik. Gue juga gak sabar lihat hasilnya," ujarnya bersemangat.

Baiklah kalau begitu. Kita nantikan vlog-nya!

(rns/rns)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed