Kamis, 25 Mei 2017 10:33 WIB

Ada Bom di Kampung Melayu, Facebook Aktifkan Safety Check

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Facebook kini tidak tebang pilih dalam mengaktifkan fitur Safety Check. Pasalnya pada kejadian bom Kampung Melayu, banyak pengguna menerima notifikasi fitur tersebut.

Tidak lama.setelah bom meledak Rabu malam (23/5/2017), detikINET yang tengah berada di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan tidak mendapati notifikasi fitur Safety Check. Tapi selang berapa lama, banyak pembaca detikINET yang berada di sekitar daerah kejadian menginformasikan bahwa mereka mendapatkan notifikasi Safety Check dari Facebook.

Saksikan video 20detik tentang Safety Check Facebook di sini:


Jangkauan fitur Safety Check ini rupanya makin meluas. Beberapa rekan detikINET di Jatinegara hingga Bekasi bisa menggunakan fitur tersebut untuk memberitahukan keadaan mereka ke keluarga maupun rekan mereka di Facebook.

Untuk diketahui Safety check adalah sebuah fitur Facebook yang membuat penggunanya bisa melaporkan bagaimana kondisinya saat terjadi sebuah krisis atau bencana.

Ada Bom di Kampung Melayu, Facebook Aktifkan Safety Check Foto: screenshot detikINET

Media sosial besutan Mark Zuckerberg itu mulai mengembangkan Safety Check setelah melihat bagaimana orang-orang menggunakan media sosial saat bencana gempa bumi dan tsunami di Jepang pada 2011.

Fitur ini pertama hadir pada Oktober 2014, dan saat itu hanya digunakan pada saat bencana alam. Namun pada November 2015 pertama digunakan pada tragedi serangan di Paris, Prancis.

Semenjak itu fitur Safety Check selalu diaktifkan tak lama setelah terjadi serangan di beberapa negara, seperti Nigeria dan Turki. Sebelum di Kampung Melayu, fitur ini terkahir diaktifkan di Manchester dan Westminster.

Penggunaan fitur ini berdasarkan lokasi pengguna. Jadi ketika pengguna terdeteksi tengah berada di lokasi bencana atau daerah krisis, Facebook akan langsung meminta pengguna untuk menggunakan fitur tersebut.

Jika pengguna menandai dirinya Aman. Maka teman-temannya yang ada di Facebook akan menerima pemberitahuan bahwa pengguna tersebut berada di tempat aman dari bencana atau serangan.

Halaman Safety Check turut menampilkan daftar teman yang tengah berada di lokasi kejadian. Sehingga kita dapat melihat siapa saja yang mungkin berada di daerah yang terkena bencana atau suatu serangan.
(mag/mag)